Marketing Trends zkumparan

Jaringan Pujasera UMKM Gofood Festival Hadir di Gresik

Jaringan Pujasera UMKM Gofood Festival Hadir di Gresik
Gofood Festival Gresik

Sejak pertama kali dibuka di Jakarta pada tahun 2018, Gofood Festival masih memiliki 30 titik di berbagai kota di Indonesia. Selama perjalanan tersebut, menggandeng hampir 1.000 mitra merchant UMKM dan baru saja mencetak rekor MURI sebagai jaringan pujasera UMKM dengan lokasi terbanyak di Indonesia. Hal inilah yang mendorong Gofood Festival untuk memperluas jaringannya, salah satunya di Icon Mall Gresik.

Rosel Lavina, VP Corporate Affairs for Food & Pay Gojek, melalui siaran persnya, (3/7/2019), menuturkan, pihaknya terinspirasi dari semangat dan kesuksesan mitra merchant Gofood yang gigih mengembangkan bisnis kulinernya.

“Melihat ini, kami ingin terus menghadirkan berbagai program inovasi yang tidak hanya mempermudah mereka untuk memperluas akses pasar, tapi juga mendukung mereka untuk semakin giat berinovasi dan menciptakan produk yang memiliki kualitas terbaik di pasaran, salah satunya melalui Gofood Festival,” jelas Rosel.

Di Gresik, tercatat ada hampir 2.000 mitra merchant yang saat ini bergabung dalam ekosistem layanan pesan antar makanan Gofood. Melalui Gofood Festival, mitra merchant UMKM berhasil meningkatkan omzet rata-rata hingga 2 kali lipat. Inilah yang mendasari terus meluasnya titik lokasi Gofood Festival hingga ke Gresik, setelah sebelumnya dibuka di 2 titik lainnya di Jawa Timur, yaitu di Grand City Mall Surabaya dan Malang City Point.

Dukungan Gofood Festival terhadap pertumbuhan UMKM kuliner lokal juga didasari oleh data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur yang merilis angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun 2018 mencapai 5.5%, dimana pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha penyedia akomodasi dan makan minum yang mencapai 7.63%, diikuti jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 7.61%. “Kami yakin, dengan dukungan yang berkelanjutan, baik dari sisi teknologi maupun inisiatif perluasan pasar, para mitra merchant UMKM memiliki kesempatan untuk naik kelas,” lanjut Rosel.

Untuk mendapatkan kesempatan membuka gerai di Gofood Festival, mitra merchant harus terlebih dahulu terdaftar sebagai merchant Gofood dan mencatatkan performa yang baik. Dengan membuka gerai di Gofood Festival, mitra merchant juga dapat mengikuti program promosi dengan mudah. Fasilitas yang disediakan pun lengkap, mulai dari perlengkapan memasak, alat penyimpanan makanan, listrik, hingga tempat berjualan semua disediakan secara gratis.

Selain menikmati ragam cita rasa kuliner serba nikmat dalam satu tempat, pengunjung Icon Mall Gresik juga kini bisa memanfaatkan lokasi Gofood Festival sebagai tempat bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat hingga pusat kegiatan komunitas. Area Gofood Festival dapat dimanfaatkan secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftarkan data lengkap komunitas.

Salah satu merchant Gofood Festival Gresik, Moi Thai Tea, Devisalaomah menceritakan pengalamannya membuka gerai di Gofood Festival. “Membuka gerai di Gofood Festival menjadi salah satu pencapaian yang kami tunggu-tunggu, hingga akhirnya bisa buka di Icon Mall Gresik ini. Saya sangat berharap para pengunjung mall bisa memanfaatkan keberadaan Gofood Festival untuk berburu kuliner-kuliner terbaik di Kota Gresik, “ujar dia.

Rosel menambahkan, kepercayaan mitra merchant UMKM juga terlihat dari hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang menunjukkan bahwa teknologi ekosistem Gofood membantu 93% mitra UMKM untuk meningkatkan volume transaksi. Sebanyak 87% mitra UMKM juga menganggap layanan Gofood lebih terpercaya dan aman. Hasilnya, mitra UMKM Gofood bisa menyumbang Rp 18 triliun kepada perekonomian Indonesia.

“Oleh karena itu, kami berupaya untuk terus menemani proses pertumbuhan mitra merchant bisa naik kelas dengan inovasi teknologi Gojek, ” kata Rosel.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved