JK Apresiasi Buku “Portraits of Indonesia’s Top Foreign CEOs 2018”

(ke-4 dari kanan) Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi

Kontribusi para pemimpin mancanegara di perusahaan-perusahaan di Indonesia sangat positif dalam pengembangan ekonomi dan industri Tanah Air. Salah satu kontribusi tersebut berupa alih kemampuan dan pengetahuan (transfer skills and knowledge) kepada para calon pemimpin masa depan Indonesia.

"Warta Ekonomi Books menerbitkan buku “Portraits of Indonesia’s Top Foreign CEOs2018” sebagai bentuk penghargaan terhadap para CEO mancanegara yang telah memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan perekonomian Indonesia. Apalagi, menjadi seorang ekspatriat tentu bukan perkara mudah karena mereka harus beradaptasi terhadap kondisi lingkungan di tengah tuntutan mengembangkan dan memajukan perusahaan," kata Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi.

Selain itu, merek harus rela kerja berjauhan dengan keluarga dan komunitas di negara asal.Terkait hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi peluncuran buku “Portraits of Indonesia’s Top Foreign CEOs 2018” yang digelar di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta (4/10/2018).

Bagi JK, buku ini sangat berharga karena pembaca dapat memetik pelajaran dari kisahd an pengalaman para pemimpin mancanegara yang sukses mengembangkan bisnis di Indonesia.Apalagi, proses menghasilkan seorang pemimpin unggul bukan merupakan pekerjaan satu malam, karena memerlukan proses pembelajaran yang panjang dan tak kenal lelah.“Saya harap buku ini dapat bermanfaat dan menginspirasi para pembaca sehingga kelaktercipta pemimpin-pemimpin Indonesia di berbagai bidang yang tidak hanya berjaya di dalamnegeri namun juga di kancah global dan membawa kebanggaan bagi bangsa,” katanya dalam Kata Pengantar buku tersebut.

JK mengatakan, buku ini menarik karena tidak hanya memuat prestasi yang diraih para CEO mancanegara tersebut, namun juga terdapat nilai-nilai (values) humanis dan perspektif para pemimpin tersebut terhadap kearifan lokal bangsa Indonesia. Ia mengatakan, seorang pemimpin harus bisa menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan kondisi lingkungan yang ada.

“Pada buku ini dapat dilihat ragam contoh gaya kepemimpinan yang diterapkan untuk mengatasi berbagai tantangan perbedaan yang ada,” sebutnya. Di dalam buku ini terdapat 14 pemimpin mancanegara yang dinilai telah peduli dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Ke-14 pemimpin mancanegara tersebut, yakni:
1. Peter Van Zyl, CEO PT Asuransi Allianz Utama Indonesia
2. Umesh Phadke, CEO PT L’Oreal Indonesia
3. Daniel L Wieczynski, CEO ExxonMobil Cepu Limited
4. Madhusudan Gopalan, CEO PT Procter & Gamble Home ProductsIndonesia
5. Choo Sin Fook, CEO PT FWD Life Indonesia
6. Jun De Dios, CEO AkzoNobel Decorative Paints Indonesia
7. Daniel Loh, CEO PT BASF Indonesia
8. Jean-Philippe Vandenschrick, CEO PT Axa Mandiri FinancialServices
9. Marc Louette, CEO PT Sampoerna Agro Tbk.
10. Alistair Fraser-Hawkins, CEO PT Marsh Indonesia
11. Biswadev Sengupta, CEO PT Tata Motors Distribusi Indonesia
12. Eric Nemitz, CEO PT Sompo Insurance Indonesia
13. Morten Vaupel, CEO Novo Nordisk Indonesia
14. Parveen Kathuria, CEO PT Syngenta In

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)