Marketing Trends

Joox Ajak Pengguna Ekspresikan Kata Hati Lewat Musik

Berdasarkan studi ‘Trends in Cognitive Science’ oleh Cell Press, musik kerap digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan dalam pengaturan klinis, seperti untuk relaksasi, psikoterapi, dan pengembangan diri.

Hal ini yang dilakukan oleh platform streaming musik Joox untuk mengajak para penggunanya mengekspresikan kata hati melalui musik. Melalui kampanye bertajuk ‘Ikut #KataHati’, Joox telah mengurasi berbagai playlist yang disesuaikan dengan suasana kata hati masyarakat yang kerap muncul, apalagi di saat pandemi ini.

Head of Marketing Joox Indonesia, Yuanita Agata menyampaikan, dalam kondisi yang tidak pasti di masa pandemi dan adanya batasan interaksi sosial, rasa cemas berlebih, stres, dan jenuh kerap timbul dan dapat mempengaruhi konsentrasi serta produktivitas masyarakat selama berkegiatan dari rumah.

“Dari riset kami, alasan orang untuk mendengarkan musik adalah untuk menemani keseharian mereka dan sebagai moodbooster, kembali lagi dari kepenatan. Karena tidak mudah bagi semua orang untuk menghadapi kondisi saat ini, apalagi kondisi ini baru pertama kali dirasakan,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (16/09/2020).

Melalui kampanye ini, kata dia, Joox mengajak anak muda Indonesia untuk lebih mindful, peka dengan dirinya sendiri, dan dapat memegang kendali terhadap respons mereka. “Jangan dengerin kata orang atau suara-suara di luar, yuk ikut dan dengerin kata hati,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Praktisi Mindfulness, Adjie Santosoputro juga menyampaikan, bahwa musik dapat menjadi medium untuk memahami dan mengekspresikan kata hati. “Saat ini kita memang sedang dihadapkan dengan keadaan yang tidak pasti, sangat wajar jika kita merasa stres dan cemas berlebihan,” katanya.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, Adjie memberi tips pada pengguna agar dapat melakukan praktik mindfulness, yaitu menyadari apa yang terjadi di dalam pikiran dan perasaan, menerima hal-hal yang tidak ideal tersebut, jujur dengan diri sendiri, dan melepaskan berbagai ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita.

Mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana kata hati dinilai dapat membantu kita untuk fokus pada momen saat ini, mendengarkan dan memahami kata hati, dan menerima keadaan dengan netral. Kita pun bisa mencapai kondisi mindfulness yang maksimal dengan mengekspresikan kata hati melalui berbagai kegiatan positif yang menyenangkan, seperti bernyanyi dan berkarya.

“Dengan lebih dari 30 juta lagu lokal dan internasional dari berbagai genre musik, kami ingin menemani penggunanya di segala situasi kata hatinya. Pengguna dapat dengan mudah memilih dan mendengarkan musik sesuai dengan suasana kata hati kapan pun dan di mana pun,” ujar Yuanita.

Lebih dari sekadar mendengarkan musik, pengguna juga dapat mengekspresikan dan menyuarakan kata hati melalui fitur interaktif, seperti Karaoke, Quick Sing dan membagikan curahan kata hati dengan berbagi Lyric Card di media sosial. Momen kebersamaan bareng keluarga dan teman juga semakin seru dengan nonton live streaming acara musik di Joox Live.

“Kami juga senantiasa mendukung para musisi, content creator, serta seluruh pelaku industri kreatif untuk menghasilkan karya-karya berkualitas guna memajukan ekosistem industri kreatif Indonesia,” tambah Yuanita.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved