Trends

Julo Ajak Masyarakat Indonesia Terapkan Semangat ‘Hidupkan Hidupmu’

Julo Ajak Masyarakat Indonesia Terapkan Semangat ‘Hidupkan Hidupmu’
Kredit digital berizin OJK,Julo bisa digunakan untuk transaksi e-commerce, membayar listrik, BPJS Kesehatan, dan pascabayar; mengisi pulsa, token listrik, dompet digital dan lainnya

Di era digital dan pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita menjaga jarak (social distancing) saat berinteraksi dengan orang lain, layanan digital lebih dicari masyarakat. Mulai dari belanja online, belajar online, hiburan online hingga layanan keuangan, seperti kredit online pun lebih diprioritaskan ketimbang layanan offline atau tatap muka.

Dengan pinjaman online lebih banyak benefit yang dirasakan nasabah. Selain lebih efisien tidak perlu datang ke kantor atau gerai perusahaan yang memberikan kredit, juga tidak perlu mengantre dan membawa banyak berkas. Dengan demikian banyak waktu berharga nasabah yang tidak terbuang.

Kini, melalui kredit online, nasabah bisa melakukan transaksi kredit hanya dengan satu klik di smartphone atau gadget lainnya. Layanan kredit online inilah yang dihadirkan oleh pelaku bisnis financial technology (fintech) peer to peer (P2P) lending. Alhasil, fintech lebih mudah diakses bagi semua lapisan masyarakat dan mempercepat proses penyerapan kredit.

Salah satu fintech yang kini agresif memasarkan kredit online adalah Julo. Startup karya anak bangsa ini sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Menawarkan kredit online dengan limit sampai Rp15 juta dengan bunga mulai dari 0,1% per hari, Julo mengajak para peminjam dari seluruh Indonesia untuk memakai kredit digital dengan bijak.

Tidak hanya hadir sebagai pinjaman online’, Julo pun menawarkan berbagai fitur layanan kredit digital yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain mencairkan pinjaman secara tunai, limit kredit yang dimiliki oleh nasabah juga dapat digunakan untuk transaksi di platform e-commerce, transfer dana, membayar listrik, BPJS Kesehatan, pulsa pascabayar, membeli pulsa dan paket data; hingga mengisi dompet digital.

Julo pun telh mengantongi izin resmi dan penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak Mei 2020. Selain itu telah mengantongi sertifikasi keamanan data ISO 27001: 2013 sebagai fintech lending Indonesia. Dengan visi mencapai inklusi keuangan di seluruh Indonesia, Julo berusaha memberikan fasilitas kredit digital yang mudah diakses dan terjangkau kepada masyarakat yang belum mendapat akses dari bank konvensional.

Kini, Julo melengkapi fitur-fiturnya dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash. Peluncuran fitur lengkap kredit digital Julo ini diusung melalui campaign bertema Hidupkan Hidupmu, yang mendukung masyarakat Indonesia untuk bangkit kembali menata hidup. Julo berkomitmen untuk melayani akses kredit bagi jutaan konsumen di seluruh Indonesia.

“Dengan peluncuran fitur Julo terbaru, para pengguna dapat menggunakan limit kredit digital hingga Rp15 juta untuk berbagai layanan meliputi tarik & kirim dana, beli pulsa & data, bayar tagihan listrik PLN, top-up dompet digital, bayar e-commerce, bayar QRIS, bayar tagihan BPJS sampai kartu prabayar. Pembayaran dapat dilakukan dengan metode cicilan bulanan sehingga meringankan beban pengeluaran pengguna. Dengan tingkat bunga rendah dari 0,1% per hari, para pengguna dapat mengatur keuangan dengan lebih praktis dan produktif,” jelas CEO & Co-founder Julo Adrianus Hitijahubessy.

Menurutnya, transformasi produk ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang serba digital dan memudahkan untuk berbagai transaksi. Dengan ini, Julo ingin merangkul seluruh kalangan masyarakat yang ingin berkembang dengan penggunaan bijak kredit digital. Hal ini tentunya juga didasari oleh tingginya antusiasme masyarakat – yang tersebar di seluruh 34 provinsi Indonesia – dengan adanya kenaikan pencairan pinjaman sebesar 100% dari tahun 2020.

Banyak pengguna Julo merasa terbantu dan dapat menata hidup kembali dengan kehadiran fitur Julo Kredit Digital, seperti yang dialami oleh Puri. “Saya coba (fitur) tarik dana dan bisa langsung saya gunakan sesuai kebutuhan. Ditambah lagi prosesnya juga mudah dan cepat.” ujar Puri. Hal senada juga diakui oleh Ariyanto. “Membantu banget di masa pandemi seperti sekarang. Saya jadi bisa memenuhi kebutuhan dan beli barang sehari-hari pakai kredit digital Julo,” tutur Ariyanto.

Peluncuran kredit digital Julo diperkuat melalui kampanye Hidupkan Hidupmu. Julo lebih jauh mengajak masyarakat untuk menjadi lebih berdaya (empowered) dan mampu menata hidup untuk mencapai kehidupan yang lebih berisi dan berarti. “Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam semangat empowerment melalui media sosial. Dalam waktu 7 hari pertama kampanye Hidupkan Hidupmu, lebih dari 100 partisipan turut menyampaikan salam salut kepada orang terdekat atau para petugas garda depan,” jelasnya.

Head of Marketing Julo Mikhal Anindita menuturkan, “Partisipasi ini menunjukkan bahwa di tengah banyaknya kabar kurang baik di sekitar kita, masih banyak hal positif yang patut diapresiasi. Lewat kegiatan ini, Julo ingin memberikan apresiasi dan semangat kepada kita yang tidak kalah dengan keadaan, mau bertahan dan kembali sekali lagi merangkai kehidupan. Kita benar-benar membutuhkan semangat positif untuk kembali berdaya di tengah perjuangan sulit pada masa sekarang,” ungkap Mikhal.

Di tengah perkembangan industri fintech di Indonesia, literasi keuangan Indonesia yang masih 40% (Survei Literasi Keuangan OJK, 2020) merupakan tantangan dari pelaku dan praktisi finansial Indonesia. Salah satu platform literasi finansial, Overheard Keuangan juga menuturkan tantangan yang serupa. “Terlalu banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas kredit secara tidak tepat. Alih-alih digunakan untuk kebutuhan atau hal yang produktif, masih banyak orang yang menggunakannya untuk memenuhi kemauan semata. Padahal jika dipergunakan dengan tepat sasaran, kredit dapat mendorong perekonomian Indonesia. Salut untuk Julo yang juga mengedepankan edukasi finansial kepada masyarakat” ujar admin Overheard Keuangan dengan gelar CFP (Certified Financial Planner) tersebut.

Saat ini, 70% penggunaan kredit digital Julo dialokasikan untuk peningkatan kualitas hidup seperti modal usaha, biaya kesehatan, renovasi rumah dan pendidikan. Sebagai langkah ke depannya, Julo akan terus konsisten untuk memperkenalkan layanan kredit digital dengan edukasi finansial agar masyarakat dapat memanfaatkan fitur terbaru Julo Kredit Digital dengan efektif dan efisien. Dengan demikian, pada akhirnya diharapkan agar masyarakat dapat lebih mudah untuk bangkit menata hidup dan memenuhi kehidupan secara lebih maksimal.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved