Management Trends

Jumlah Pembiayaan Home Credit Tumbuh 3,5 Kali Lipat Selama Ramadan 2021

PT Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, menjadi salah satu perusahaan yang berhasil memanfaatkan momen Ramadan di tahun 2021 dengan kinerja pembiayaan yang jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah pembiayaan barang elektronik yang berhasil disalurkan Home Credit pada periode Ramadan atau selama periode 13 April 2021–13 Mei 2021 sebesar Rp 542 miliar. Angka ini meningkat sekitar 3,5 kali lipat melampaui jumlah pembiayaan pada bulan Ramadan tahun 2020 (23 April 2020–23 Mei 2020).

Jumlah pelanggan yang menggunakan fasilitas pembiayaan Home Credit pada periode Ramadan tahun ini juga naik secara signifikan yaitu 2,5 kali lipat dibandingkan Ramadan tahun lalu. Hingga akhir Mei 2021, ada sekitar 5 juta pelanggan yang telah dilayani di Indonesia.

“Walaupun ada pelarangan mudik, kami sudah memprediksi bahwa masyarakat tetap menjalankan beberapa tradisi di Ramadan tahun ini seperti mengirimkan hadiah atau parsel untuk menjalin silaturahmi,” ujar Animesh Narang, Direktur Utama Home Credit Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tren belanja selama Ramadan tahun ini bisa dilihat dari komposisi total kontrak pembiayaan barang di toko. Pelanggan Home Credit paling banyak mengajukan pembiayaan untuk gadget, laptop, dan smartphone (66% dari seluruh kontrak pembiayaan), setelah itu barang elektronik dan TV (18% dari seluruh kontrak pembiayaan). Selebihnya, 10% dari total kontrak ditujukan untuk pembiayaan furnitur, diikuti jenis barang lain seperti aksesoris mobil, fesyen, dsb.

Selain itu, pembiayaan yang disalurkan untuk modal kerja usaha kecil dan menengah juga terus berjalan baik dengan jumlah pembiayaan sekitar Rp 115 miliar selama periode Ramadan 13 April 2021–13 Mei 2021. Hanya dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan sejak produk ini diluncurkan di pertengahan Maret 2021 kemarin, multifinance ini telah mendukung sekitar 31.200 pelaku usaha per akhir Mei 2021.

Animesh mengatakan, Home Credit mengutamakan untuk meningkatkan setiap layanannya, khususnya dalam memperbaiki customer journey yang serba digital berdasarkan berbagai masukan yang diterima sepanjang proses pembiayaan berjalan. “Strategi kami pada intinya adalah menciptakan customer journey yang dapat dijalankan secara optimal via digital sehingga akses pembiayaan juga bisa jauh lebih mudah, seluruh data dan informasi pribadi pelanggan kami terjamin aman dan masukan dari pelanggan kami sebisa mungkin kami akomodir,” katanya

Menurutnya, aplikasi digital ‘My Home Credit’ dapat memudahkan para pelanggan yang ingin mengakses berbagai layanan dengan mudah. Aplikasi tersebut telah memiliki lebih dari 9,3 juta pengguna terdaftar (per 31 Maret 2021). “Salah satu keunggulan aplikasi kami, para pelanggan bisa mendapatkan limit kredit untuk pembiayaan hingga Rp20 juta dengan uang muka mulai dari 0%,” jelas Animesh.

Selama periode Ramadan 2021, Home Credit juga mengadakan serangkaian promo bertajuk #THRDiManaAja mulai dari bebas biaya admin Rp 199.000 untuk pembiayaan barang di toko ditambah cashback hingga Rp50.000 berupa saldo Home Credit Pay. Lalu, bagi pelanggan yang berbelanja menggunakan paylater, ada cashback 40% hingga Rp40.000 berupa saldo Home Credit Pay. Produk e-wallet Home Credit Pay dan produk paylater Home Credit BayarNanti merupakan hasil kerja sama dengan KasPro sebagai pemilik izin e-money dan QRIS dari Bank Indonesia.

Promo #THRDiManaAja dinilai Animesh tidak hanya mampu meningkatkan penggunaan produk pembiayaan, tetapi juga produk online lainnya dari Home Credit. Contohnya paylater Home Credit BayarNanti, terdapat peningkatan pada total jumlah pengguna sebesar 28% dan peningkatan 24% pada total transaksi selama Ramadan tahun ini (13 April 2021 – 13 Mei 2021), dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya yaitu 12 Maret 2021 – 12 April 2021.

Pada periode Ramadan tahun ini, Home Credit BayarNanti paling banyak digunakan untuk konsumsi makanan serta minuman (56%), dan kebutuhan sehari-hari seperti belanja di mini market, supermarket atau bahkan toko buku (42%). Ada pula pelanggan yang memanfaatkan Home Credit BayarNanti untuk membayar infak secara online. Hingga akhir Mei 2021, hanya dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan sjeak produk paylater ini diluncurkan, Home Credit BayarNanti telah digunakan oleh lebih dari 178 ribu pelanggan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved