Marketing Trends

Jurus Honda Genjot Penjualan di GIIAS 2016

Jurus Honda Genjot Penjualan di GIIAS 2016

Honda berhasil membukukan penjualan 118.970 unit mobil di Indonesia dengan pangsa pasar 20% dari total pasar otomotif nasional. Untuk mempertahankan penjualan yang positif, Honda memperkenalkan berbagai program penjualan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Secara umum, penjualan otomotif di Indonesia dari bulan Januari hingga Juli 2016 mengalami sedikit pertumbuhan dibanding periode yang sama di tahun lalu, yaitu dari 581.106 unit di tahun 2015 menjadi 594.514 unit di tahun ini, atau meningkat sekitar 2%. Meskipun demikian, Honda mencatat peningkatan penjualan yang jauh lebih tinggi dibanding total market tahun ini, yaitu 32% dibanding periode yang sama tahun 2015.

New Mobilio E CVT Prestige

New Mobilio E CVT Prestige

Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda tahun ini datang dari beberapa model unggulan antara lain Honda BR-V, Honda Brio, Honda Mobilio dan Honda HR-V. Honda BR-V mencatat penjualan sebanyak 29.596 unit dan menjadi market leader di segmen LSUV dengan pangsa pasar sebesar 39%.

Di segmen yang sama, HR-V 1.5L membukukan penjualan sebanyak 22.411 unit dengan market share 30%. Honda HR-V 1.8L membukukan penjualan sebanyak 6.009 unit dengan pangsa pasar sebanyak 14% di kelas SUV. Sementara produk SUV Honda lainnya, Honda CR-V meraih penjualan 4.787 unit dengan market share sebesar 11%.

New Honda Brio Satya terjual sebesar 14.496 unit dengan pangsa pasar 14% di segmen LCGC. Sementara New Honda Brio RS menjadi market leader di segmen City Car dengan penjualan 4.322 unit dan market share sebesar 34%. Dari kelas Hatchback, Honda Jazz telah membukukan penjualan 10.296 unit, dan menjadi market leader dengan pangsa pasar sebesar 44%.

Honda Mobilio membukukan penjualan sebesar 24.818 unit dengan market share sebesar 16% di kelas LMPV. Produk MPV Honda lainnya, Honda Freed mencatat penjualan sebesar 617 unit dan Honda Odyssey terjual sebanyak 137 unit sepanjang tahun ini.

Lalu dari segmen sedan, Honda City memimpin penjualan untuk sedan Honda dengan total 680 unit dan pangsa pasar 36% di kelas Mini Sedan, All New Honda Civic Turbo sudah terjual sebanyak 503 unit dengan market share sebesar 44% di kelas Small Sedan, Honda Accord terjual sebanyak 204 unit dengan market share sebesar 44% di kelas Medium Sedan, dan Honda CR-Z menjadi market leader di kelas Sport dengan total penjualan sejak Januari sebanyak 94 unit dan market share sebesar 49%.

“Pameran seperti GIIAS 2016 ini merupakan ajang yang positif untuk kembali menyegarkan pasar terutama setelah libur Lebaran di bulan Juli lalu,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor. Untuk memaksimalkan momentum ini dengan menawarkan banyak program penjualan, seperti Total Down Payment (TDP) & angsuran bertahap, TDP Rp 10 Juta & angsuran Rp 1,5 Juta, TDP mulai dari Rp 8 juta, dan angsuran mulai dari Rp 800 ribu.

Selain itu, terdapat program penerapan bunga 0% hingga 3 tahun, tenor hingga 8 tahun, lucky dip total hingga Rp 8 Milyar, gratis paket perawatan berkala selama 3 tahun, dan grand prize 1 unit Honda BR-V E CVT. Seluruh penawaran di atas berlaku selama pameran GIIAS 2016.

Untuk layanan purnajual, Honda juga menawarkan program yang menarik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa kepemilikan kendaraan Honda. Melalui Paket Cermat, konsumen dapat membeli mobil yang telah dilengkapi dengan paket perawatan berkala untuk 3 tahun / 50.000 km (Paket Cermat 1) atau 6 tahun / 100.000 km (Paket Cermat 2). Paket ini memberikan keuntungan terhadap konsumen karena biaya perawatan yang lebih hemat dengan kualitas servis mobil di bengkel resmi Honda yang lebih terjaga, serta bebas dari kenaikan harga biaya perawatan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved