Marketing Trends zkumparan

K-Pop Bisa Pulihkan Ekonomi Indonesia, Ini Alasannya

Drama Korea yang hitz di akhir 2020

K-Pop dalam beberapa tahun terakhir sangat mempengaruhi gaya hidup di Indonesia. Tren Korea Selatan itu makin digemari masyarakat baik dalam hal musik maupun serial dramanya. Di masa pandemi saat ini, K-drama menjadi tontonan pilihan saat di rumah saja.

Nampakmya demam Korea atau Korean Wave sudah melanda Indonesia. Terlihat dari adaptasi cara berpakaian, make up Korea bahkan alur cerita drama lokal yang diadaptasi dari drama Korea. Fans garis keras terutama untuk boyband/girlband K-Pop di Indonesia pun jumlahnya sangat fantastis. Menurut ahli di bidang branding, Yuswohady, demam K-Pop di Indonesia sudah terjadi dalam 10 tahun terakhir. Survei menunjukkan saat ini bintang-bintang K-Pop memiliki pasar yang besar dan trafik yang tinggi.

Tak heran, perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai banyak yang memboyong artis Korea sebagai brand ambassador mereka karena banyaknya penggemar militan baik di dalam maupun luar negeri. Antaranya Tokopedia, yang menggandeng BTS sebagai brand ambassador, kemudian Shopee dengan Stray Kids, Blibli yang memilih Park Seo Joon dan Lazada bekerja sama dengan Lee Min Ho sebagai brand ambassador.

Jelang akhir tahun, drama Korea berjudul Start-Up menjadi trending di berbagai media sosial baik Twitter, Instagram maupun TikTok. Serial drama yang bisa dinikmati di Netflix ini menggambarkan bagaimana pop culture bisa meningkatkan awareness industri startup hingga membantu kemajuan industri secara umum. Bahkan sempat terjadi “kubu-kubu” yang “beradu” pilihan antara Nam Do-san vs Han Ji-pyeong, keduanya pemeran di Drakor StartUp, untuk brand di Indonesia bisa dijadikan untuk meningkatkan engagement.

Banyaknya acara ecommerce yang menghadirkan bintang asal Korea hingga keberadaan berbagai drama Korea, yang naik daun di tengah masyarakat Indonesia, ternyata membuat permintaan produk adaptasi Korea meningkat signifikan.

Contohnya, dampak drama Korea yang sering menayangkan adegan makan makanan khas Korea, membuat pegiat usaha di Indonesia yang menjual makanan khas Korea, seperti tteokbokki dan jajangmyeon, menjadi lebih laris. Bahkan di saat pandemi, Tokopedia mencatat penjualan makanan khas Korea di platformnya naik lebih dari 5x lipat.

Contoh lain, acara televisi Tokopedia ‘Waktu Indonesia Belanja’ (WIB), yang sempat melibatkan brand ambassadornya, BTS. Keterlibatan BTS membuat acara ini sangat ramai diperbincangkan di media sosial hingga menempati peringkat pertama trending topik, baik di Indonesia maupun worldwide. Produsen mi instan lokal Mie Sedaap pun mengundang banyak sorotan ketika mengumumkan kolaborasi eksklusif dengan Siwon Choi, personel Super Junior sekaligus aktor asal Korea, sebagai brand ambassador salah satu seri produknya.

Selain mampu mendorong penjualan, strategi marketing seperti ini disinyalir bisa memupuk citra baik Indonesia, serta perusahaan-perusahaan dalam negeri di mata global termasuk investor dan secara tidak langsung mendorong masuknya investasi asing ke perusahaan-perusahaan Indonesia.

Terlihat dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah investor asing gencar menanamkan investasinya di Indonesia – khususnya perusahaan teknologi buatan Indonesia – walau di tengah pandemi.

Seperti Microsoft yang memberikan suntikan dana ke Bukalapak. Ada juga Google dan Temasek yang mengucurkan investasi ke Tokopedia. Di sisi lain, Traveloka pun menerima dana dari institusi keuangan global sebesar 250 juta USD atau setara dengan lebih dari Rp3,5 triliun.

Sementara, menurut Pengamat Ekonomi dan Dosen Binus University, Doddy Ariefianto, tren iklan K-Pop di Indonesia secara tidak langsung mampu mendorong daya beli masyarakat terutama di kalangan anak muda. Apabila daya beli meningkat diikuti dengan membaiknya penjualan, maka tidak tertutup kemungkinan investasi juga akan masuk.

Investasi asing yang masuk ke Indonesia melalui perusahaan-perusahaan dalam negeri ini akhirnya akan kembali ke masyarakat Indonesia. Pasalnya, pengetahuan yang dibawa investor asing bisa membuat perusahaan-perusahaan Indonesia berkembang pesat dan berdaya saing global. Hal ini tentu akan berdampak kepada terciptanya lebih banyak lapangan pekerjaan, meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan terwujudnya pemulihan ekonomi nasional.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved