Trends

Kadin Gandeng Telkomsel, LinkAja, hingga Radio Guna Pacu Ekonomi Kreatif

Oleh Editor
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif, Erik Hidayat.
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif, Erik Hidayat (Dok: Kadin)

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri Kreatif menggandeng sejumlah perusahaan di bidang operator telekomunikasi, pembayaran non-tunai hingga radio. Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia.

“Dunia usaha maupun pemerintah tentunya harus bekerja sama menciptakan terobosan-terobosan yang bisa diterapkan oleh semua pemangku kepentingan,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif, Erik Hidayat, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 7 November 2019.

Dengan demikian, kata Erik, ekonomi kreatif ini bisa diandalkan menopang perekonomian nasional di masa kini dan masa-masa mendatang. Adapun kerja sama ini dilakukan Kadin dengan Telkomsel, LinkAja, MASTEL, Indiskop, Agile, Soulfy, Smart FM dan EndorsMe untuk merealisasikan berbagai program untuk mendorong SDM Unggul di sektor ekonomi kreatif..

Erik Hidayat mengatakan, saat ini industri kreatif semakin penting untuk dikembangkan sebagai upaya mendukung kesejahteraan dan perekonomian nasional. Menurut dia, kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan bahwa industri di abad ke-21 akan sangat tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.

Ekonomi kreatif dibagi ke dalam 16 subsektor, d iantaranya arsitektur, desain interior, desain-komunikasi-visual (DKV), desain produk, fashion, film-animasi-video, fotografi periklanan, kerajinan (kriya), kuliner, musik, pengembang aplikasi & permainan, penerbitan, periklanan, tv dan radio, seni pertunjukkan, dan seni rupa.

Berdasarkan catatan Kadin, pada tahun 2017 ekonomi kreatif menyumbang PDB hingga Rp 1.000 triliun, kemudian meningkat Rp 1.105 triliun di tahun 2018, dan diprediksi bertumbuh menjadi Rp 1.211 triliun di tahun 2019. Dari angka tersebut, ada 3 subsektor unggulan yang menyumbang pertumbuhan tertinggi yakni kuliner, mode dan kriya.

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved