Technology Trends

Kebutuhan Transaksi Masyarakat Meningkat, Flip.id Gandeng DBS Indonesia

Kebutuhan transaksi keuangan masyarakat saat pandemi meningkat. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan pengguna layanan keuangan berbasis online, salah satunya Flip.id. Aplikasi pionir yang menyediakan layanan transfer gratis antar bank tersebut mencatat adanya peningkatan pengguna sekitar 100\% atau dua kali lipat selama pandemi berlangsung dibanding sebelum pandemi terjadi.

“Kami melihat peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi penggunaan ATM. Selain itu, pandemi juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antar bank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Flip.id yang semakin meningkat di era pandemi.” ujar Rafi Putra Arriyan, CEO Flip.id.

Untuk memenuhi kebutuhan transfer antar bank dari masyarakat yang kian meningkat, Flip.id menggandeng PT Bank DBS Indonesia sebagai mitranya. Solusi teknologi yang dimiliki DBS Indonesia, yaitu DBS Rapid memungkinkan Flip.id untuk dapat menjalankan proses transfer antar bank bagi nasabahnya dengan lancar dan tanpa hambatan. DBS Rapid mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka. Pemenuhan transaksi real time tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk nasabah korporasi dan penghematan biaya, tetapi juga memberikan pengalaman berbeda.

Melalui DBS Rapid, nasabah korporasi DBS Indonesia memungkinkan untuk dapat mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang lancar tanpa hambatan. “Kami berupaya untuk membantu nasabah korporasi kami dalam melakukan bisnisnya, salah satunya Flip.id. DBS Rapid memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem DBS Indonesia, sehingga Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” ujar Husin Hartono, Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia.

Angela Thenaria, Head of Institutional Banking Group 4 PT Bank DBS Indonesia, menambahkan, Flip.id yang telah menjadi nasabah DBS Indonesia sejak tahun 2019. Sebagaimana Flip.id memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank secara real time dan tanpa biaya, DBS Indonesia pun mendukung Flip.id menjalankan bisnisnya dengan solusi teknologi yang mulus dan tanpa hambatan.

Dengan prinsip ingin berkontribusi terhadap masyarakat, DBS Indonesia dan Flip.id berharap dapat meringankan beban masyarakat serta memberikan kemudahan, kelancaran dan keamanan dalam mengirim dan menerima uang. Pengguna aplikasi Flip.id kini dapat melakukan transfer bebas biaya dari atau ke DBS Indonesia. Hal ini juga memperkuat posisi Flip.id sebagai pemimpin pasar teknologi finansial untuk transfer antar bank.

Pelaku bisnis mikro pun dapat terbantu dengan layanan transfer bebas biaya antar bank melalui aplikasi Flip.id. Bisnis mikro dapat menghemat pengeluaran operasional saat harus melakukan transaksi kirim uang ke supplier maupun konsumen .

Selain untuk pengguna individu atau perseorangan dan bisnis mikro, kerja sama kedua pihak ini dapat membantu korporasi. Melalui layanan untuk mitra perusahaan Flip yang disebut dengan Big Flip, perusahaan pengguna Big Flip juga memiliki kanal alternatif untuk melakukan proses pembayaran ke DBS Indonesia. Hal ini tak lepas dari koneksi secara langsung antara Flip.id dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API) yang dimiliki oleh PT Bank DBS Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved