Kejora Venture Fokus Bangun Ekosistem Bisnis Teknologi

Sebastian Togelang Andy Zain, Founding Partner Kejora Venture (kedua kiri) (Photo: Anastasia/SWA)

Grup investor Kejora Venture kembali menambah portofolio bisnisnya di tahun ini. Setelah mendanai peer to peer landing Investree, Qerja.com, Cekaja.com, kini mereka mulai melirik bisnis co-working space lewat Union Space.

Andy Zain, Founding Partner Kejora Venture, menuturkan, keputusan perusahaan untuk mendanai Union Space didasari oleh pengalaman yang telah dimiliki dalam mengelola co-working di Asia Tenggara. “Tim ini sudah mengelola co-working sejak 14 tahun lalu di 45 lokasi dan 7 negara. Untuk itu, pengalaman mereka sudah tidak diragukan lagi dan kami mantap untuk ikut invest disini.” ujarnya dalam acara peluncuran Union Space di Jakarta (18/1/2018).

Rencananya, Union Space akan membuka cabang baru di 20 lokasi di dalam dan luar negeri seperti di Jakarta, Manila, Surabaya dan Bali. Perusahaan yang sebelumnya bernama Cre8 ini berambisi untuk menguasai bisnis kantor sewa di Asia pada 2020 mendatang.

Andy menambahkan, pihaknya berencana untuk membentuk ekosistem bisnis teknologi Tanah Air dan Union Space bisa menjadi salah satu pendukungnya. “Karena selama ini kami mau investasi, tapi banyak start up yang belum berpengalaman. Kejora ini agak berbeda dengan ventura lain. Kami hanya investasi di start up yang memang serius. Harapnnya, melalui Union Space bisa melahirkan start up yang bagus dan bisa didanai,” Andy menambahkan.

Tahun 2017 lalu, Kejora berhasil mengumpulkan dana modal sebesar US$ 80 juta. Namun dana yang disalurkan untuk investasi hanya sebesarUS$ 40 juta. “Tahun kemarin dipakai sebesar US$ 40 juta dan mendanai 10 perusahaan. Tahun ini kami memiliki uang dikantong sebesar US$100 juta dengan target pendanaan sebanyak 10 perusahaan,” ujarnya.

Terkait dengan sektor mana saja yang akan didanai, Andy menjabarkan akan fokus pada pendanaan e-commerce enabler seperti logistik dan payment. Selain itu, pihaknya juga tengah mempelajari sektor kesehatan, edukasi, dan media. “Sekarang ini kami sedang mengerjakan proyek jangka panjang dengan memperbanyak investasi untuk menciptakan ekosistem. Inilah yang saat ini kami kerjakan,” tegas Andy.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)