Marketing Trends

Kemenpar dan APPBI Gelar WICSF 2017

Kemenpar dan APPBI Gelar WICSF 2017

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017 di pusat perbelanjaan (mall) di 18 kota besar di 12 provinsi seluruh Tanah Air.

Penyelenggaraan WICSF 2017 yang berlangsung selama satu bulan mulai 27 September hingga 27 Oktober ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Kota Kasablanka Jakarta (27/9/2017), bertepatan memperingati Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day).

Penyelenggaraan WICSF 2017 diikuti lebih dari 100 pusat belanja dengan mengangkat tema ‘Savor the Captivating Flavor & Big Discounts’ ini dimaksudkan untuk mengangkat wisata kuliner dan belanja sebagai salah satu produk pariwisata andalan yang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan yang tahun ini mentargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan event WICSF 2017 dalam rangka mengangkat daya tarik masakan khas daerah sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung dan transaksi di pusat perbelanjaan.

“Kuliner menjadi salah satu daya tarik sebuah daerah begitu pun dengan kerajinan khasnya. Acara ini akan menjadi ajang promosi yang bagus bagi daerah dan diharapkan dapat menjadi atraksi menarik bagi wisman dan wisnus,” kata Arief Yahya.

Menpar menjelaskan, fortopolio pariwisata Indonesia mengandalkan daya tarik budaya sebesar 65%, alam 35%, dan buatan manusia 5%. WICSF diharapkan akan menjadi agenda wisata andalan dan banyak mendatangkan wisatawan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar, Esthy Reko Astut, mengatakan, WICSF 2017 diharapkan sebagai event andalan untuk para penghobi masakan dan belanja.

”Di event ini para pengunjung bisa menikmati aneka ragam kuliner khas sekaligus berbelanja dengan berbagai diskon menarik,” kata Esthy.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, Vita Datau Messakh, bahwa di event WICSF 2017 wisatawan dapat menikmati otentisitas dari kuliner khas Nusantara sekaligus berbelanja produk lokal seperti batik, tenun, kerajinan termasuk produk fashion Indonesia.

“Kegiatan wisata kuliner dan belanja seperti ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan terutama wisman yang berkunjung ke Indonesia,” kata Vita.

Menurut Ketua Umum DPP APPBI A. Stefanus Ridwan, WICSF merupakan kolaborasi Kemenpar dan APPBI dalam upaya mendongkrak pariwisata sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung dan maupun transaksi di pusat perbelanjaan yang diproyeksi akan meningkat hingga 20%.

“Di event ini kami menghadirkan kuliner cita rasa khas nusantara dan juga menggelar pameran produk lokal khas daerah, penampilan kebudayaan Indonesia serta wisata belanja dengan berbagai diskon menarik,” kata Stefanus.

Editor: Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved