Kementerian BUMN Dorong BUMN Go Global

Pemerintah melakukan inisiasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi naisonal dengan strategi BUMN Go Global dengan Kementerian Luar Negeri. Kolaborasi antar BUMN ini bertujuan untuk memperkuat diplomasi ekonomi. Berdasarkan data yang dikumpulkan seluruh perwakilan RI, nilai investasi outbound BUMN di seluruh dunia mencapai US$17,5 miliar.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bahwa program ini untuk mendukung supply chain dalam memasarkan produk di pasar strategis interanasional. “Momentum ini dapat mendorong pengembangan BUMN di ranah global. Sehingga dapat meningkatkan jumlah transaksi dan nilai investasi outbound BUMN,” kata dia.

Penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan dapat mengkatrol nilai investasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor. Program ini juga mencakup match making antara BUMN dan investor asing yang berminat melakukan inbound investment di Indonesia.

Beberapa perusahaan BUMN, saat ini telah melakukan proyek di luar negeri. beberapa BUMN yang dimaksud di awal adalah PT Inka yang telah menjalin kerja sama proyek gerbong kereta api dengan pemerintah Bangladesh, BUMN pertahanan yang melakukan ekspor berbagai produk seperti Pistol G2 Elite, Amunisi Peluru, Medium Tank, Kapal Kargo, Pesawat CN 235-220,dll. Kemudian, Bio Farma yang telah memproduksi dan memasarkan vaksin polio di Angola, Somalia dan Ethiopia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kedua Kementerian menyepakati adanya pembentukan tim yang terdiri dari 2 perwakilan kementrian dan perwakilan BUMN yang siap melakukan outbound investment.

Tim ini nantinya, akan mengawal dari tahap identifikasi peluang investasi, penjajakan mitra dan akses permodalan, hingga pelaksanaan investasi serta perlindungan terhadap investasi Indonesia di luar negeri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)