Marketing Trends zkumparan

Kian Diminati, Sepatu Lokal Diprediksi akan Mendominasi Pasar di 2021

Bersamaan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk bangga memakai produk-produk buatan lokal, merek-merek sepatu lokal juga semakin bersinar. Tidak hanya harganya yang lebih terjangkau, kualitas dan kreativitas dari sepatu lokal pun tak kalah dari merek-merek ternama dunia.

Hal ini bisa dilihat dari semakin banyak merek sepatu lokal yang bermunculan meski pandemi melanda. Berdasarkan data Tokopedia, transaksi penjualan untuk merek sepatu lokal mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat. Bahkan beberapa merek sepatu lokal seperti Nokha, mencapai hampir 2,5x lipat. Adapun Brodo mencatatkan peningkatan transaksi hampir 5,5x lipat.

“Ada peningkatan transaksi pada kategori Fashion di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama Desember 2020 jika dibandingkan dengan periode awal pandemi pada 2020. Transaksi produk sepatu juga meningkat hampir 2x lipat,” ujar Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam diskusi daring, Jumat (12/03/2021).

Content Creator, Denis Juherman pun memprediksi produk sepatu buatan UMKM Indonesia akan mendominasi pasar lokal di tahun 2021 ini. Sebab, para pemain lokal tidak lagi hanya memamerkan brandnya. Tapi lebih dari itu, para UMKM sudah lebih memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas dan meningkatan kreativitasnya.

Agar penjualan semakin meningkat dan mempertahakan bisnis UMKM sepatu lokal di masa pandemi, Tokopedia menggandeng pegiat usaha di industri fesyen lokal khususnya sepatu, yaitu Never Too Lavish (NTL) bersama 10 pegiat usaha lokal lainnya, untuk menghadirkan gerakan bertajuk Bersebelas #MelangkahBareng.

Upaya bersama ini ditujukan untuk mendukung para pegiat UMKM sepatu lokal mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk dalam negeri. “Kolaborasi ini juga dilatarbelakangi antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan fesyen secara daring,” Aldhy menambahkan.

Pada kampanye ini, Tokopedia bersama NTL berkolaborasi dengan 10 merek sepatu lokal lainnya, yaitu Patrobas, Pijakbumi, Fuse Concept, Nokha, Seji, Exodos, Ortuseight, FYC, Rafheoo dan Brodo. Produk hasil kolaborasi bertajuk ‘Bersebelas Series’ ini akan dirilis setiap bulan dan bisa didapatkan masyarakat secara eksklusif di Tokopedia.

“Gerakan Bersebelas #MelangkahBareng ini adalah wujud dukungan terhadap sesama seniman dan pelaku industri lokal untuk bangkit bersama. Dengan pemanfaatan platform digital, industri sepatu lokal diharapkan bisa lebih maju bahkan di tengah pandemi,” lanjut Founder NTL, Bernhard Suryaningrat atau yang akrab disapa Abeng.

Kolaborasi ini diharapkan akan semakin banyak pihak yang lebih gencar berkolaborasi dalam membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, terus berkontribusi memulihkan ekonomi. Mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia.

“Sudah waktunya kita menjunjung lebih tinggi rasa bangga buatan Indonesia, sebuah kebiasaan yang dapat mendorong para UMKM bisa meraja di negeri sendiri, demi membawa perekonomian nasional yang lebih mandiri,” tutur Aldhy.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved