Management Trends

Kiat Arief Muhammad agar UMKM Bisa Berkolaborasi dengan Daihatsu

Menjadi influencer terkenal dengan penghasilan yang besar tak serta merta membuat Arief Muhammad merasa aman dalam finansial. Berkurangnya job di tengah pandemi saat ini membuat apa saja dilakukan untuk bisa bertahan hidup, salah satunya dengan memulai bisnis online.

Setekah sukses memulai karier dengan mengelola akun media sosial, kini Arief mulai merambah bisnis kuliner dan pakaian. Latarbelakang ini sejalan dengan program Daihatsu #DariUntukSahabat yang mendukung pelaku bisnis atau UMKM dalam memberikan wadah untuk memperluas pasar di media sosial. Berkolaborasi dengan Daihatsu, perusahaan otomotif ini memberikan modal usaha Rp10 juta dan mendukung total 5 unit Grand Max untuk kebutuhan operasional 1 bulan penuh kepada 5 UMKM yang terpilih.

“Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online bagi kita pelaku bisnis/UMKM. Pertama, pelajari dan lakukan strategi pemasaran online misalnya, coba jalankan iklan di Facebook, membuat video promosi di Youtube, meng-endorse selebgram untuk mempromosikan produk kita,” jelas Arief.

Langkah kedua, menjalin interaksi dengan para pelanggan di media sosial seperti membalas komentar dengan cepat, minta testimoni atau sekadar menyapa.

Tips ketiga, selalu membuka kesempatan bermitra dengan dengan pihak lain yang memberikan keuntungan bagi kita pelaku bisnis/UMKM seperti jasa pemesanan dan pengiriman barang online atau jasa pembayaran digital untuk hal pembayaran.

“Cara keempat, rajin mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di media sosial seperti kegiatan di Instagram DihatsuInd dengan hadiah lumayan buat menambah modal usaha dan mengurangi biaya operasional kita selama 1 bulan,” tutur Arief di sela-sela menjadi admin Instagram DaihatsuInd.

Media sosial DaihatsuInd akan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan positif dan mendukung para pelaku bisnis UMKM ke depannya. “Kegiatan semacam ini akan terus kami buat untuk membantu para pelaku bisnis/UMKM di Indonesia agar lebih termotivasi dan bisa mencetak pelaku-pelaku bisnis yang baru,” jelas Rudy Ardiman, Head of Domestic Marketing Division Daihatsu.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved