Kini Belanja di Tokopedia, Bisa Bayar di JNE

(ki-ka) William Tanuwijaya, Co-Founder sekaligus CEO Tokopedia dan M. Feriadi, Presiden Direktur JNE

JNE terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasiproduk dan layanan guna memuaskan konsumen. Salah satunya dengan memberikan kemudahan akses pembayaran belanja online Tokopedia di jaringan gerai JNE.

“Pengembangan dan inovasi tersebut diimplementasikan di berbagai bidang, seperti: informasi & teknologi, sumber daya manusia, dan infrastruktur. JNE juga giat menjalin kerja sama strategis, khususnya dengan e-commerce dan marketplace, dalam rangka mendukung kemajuan UKM di Indonesia,” jelas M. Feriadi, Presiden Direktur JNE.

Salah satu wujud kerja sama strategis yang dilakukan adalah kolaborasi JNE dengan Tokopedia. JNE dan Tokopedia memiliki kesamaan tujuan yaitu untuk menciptakan peluang dan memberikan kemudahan kepada para UKM dalam melakukan proses jual beli secara online.

Pada awalnya, JNE merupakan partner dari Tokopedia dalam memberikan solusi pengiriman barang-barang dari merchant kepada para pembeli. Selanjutnya, kerja sama ini berkembang dalam bentuk layanan pembayaran, dan yang baru-baru ini disepakati, yaitu JNE-Tokopedia Payment. Kerja sama ini sekaligus merupakan kolaborasi pertama kalinya antara JNE dengan e-commerce dalam bentuk kanal pembayaran, dan secara resmi diluncurkan pada 16 Oktober 2017 di acara seremonial penandatangan MoU, bertempat di Kantor Pusat JNE, Jalan Raya Tomang, Jakarta Barat.

JNE-Tokopedia Payment merupakan salah satu alternative pilihan kanal pembayaran, dimana setiap pembeli yang berbelanja di merchant-merchant Tokopedia, dapat melakukan pembayaran di lebih dari 200 Kantor Perwakilan JNE di seluruh Indonesia. Untuk melakukan pembayaran melalui JNE-Tokopedia Payment, setelah selesai berbelanja di Tokopedia, pelanggan dapat langsung memilih titik Kantor Perwakilan JNE yang sudah terdaftar di Tokopedia. Selanjutnya, pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran di lokasi tersebut. Setelah resmi diluncurkan, mulai tanggal 17 – 31 Oktober akan ada promo menarik berupa gratis biaya admin bagi 50.000 transaksi yang melakukan pembayaran Tokopedia di kantor-kantor perwakilan JNE di seluruh Indonesia.

“Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, JNE tidak hanya mengutamakan kecepatan, ketepatan, dan keamanan bagi kiriman pelanggan. Namun kami juga berusaha agar dapat menyediakan layanan yang memiliki nilai tambah, sehingga dapat memberikan kemudahan dan memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan. Hal ini sejalan dengan tagline “Connecting Happiness”, di mana kebahagiaan pelanggan adalah prioritas kami,” ujar Feriadi.

Sementara William Tanuwijaya, Co-Founder sekaligus CEO Tokopedia, menyampaikan, ”Dengan jaringan JNE yang luas di seluruh Indonesia, kemitraan ini akan memungkinkan masyarakat Indonesia tidak hanya menggunakan JNE sebagai solusi pengiriman barang, namun juga sebagai kanal pembayaran, khususnya kepada masyarakat Indonesia yang belum memiliki akun bank. Hal ini sejalan dengan misi Tokopedia dalam mendorong pemerataan ekonomi secara digital.”

Tidak hanya inovasi dalam bentuk layanan dan fitur, JNE pun secara rutin melaksanakan workshop untuk memberikan edukasi kepada para UKM dalam memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Salah satunya adalah workshop “JNE Ngajak Online” yang dilaksanakan di 18 kota, yaitu: Tanjung Pandan, Bengkulu, Sorong, Jayapura, Bontang, Samarinda, Banda Aceh, Jambi, Palangkaraya, Tarakan, Manado, Gorontalo, Ambon, Pangkal Pinang, Cilegon, Kupang, dan Marataram.

“Kami berharap layanan dan kegiatan yang digagas oleh JNE ini, tidak hanya dapat mendukung perkembangan UKM di Tanah Air, namun juga secara tidak langsung turut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia,” ucap Feriadi menegaskan.

Kata Feriadi, JNE didirikan sejak tahun 1990. Awalnya merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. Kini, JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance.

Di akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri terpisah dari unit kurir ekspres. Pada 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Tahun 2014, mempersiapkan JNE E-Commerce, dan optimalisasi Mobile Applications, membangun 250 kantor operasional dan jaringan outlet menjadi 6000 outlet di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)