Marketing Trends

Kisah Sukses Guteninc sebagai Brand Fashion Lokal

Suasana toko Guteninc

Cikal bakal Muhammad Ramadhan membangun brand dimulai saat dia ingin berlibur ke kota Bandung. Kebetulan dia berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Dari hanya omongan ingin berlibur sambil menghasilkan barang yang bisa dijual untuk kembali ke kota asal, ternyata terwujud. Lalu, di membeli sepatu-sepatu KW karena memang lagi zamannya tahun 2011 di Cibaduyut untuk dijual lagi ke kampungnya.

Namun, dia tidak menemukan apa yang dia cari, sampai akhirnya bertemu dengan vendor-vendor sepatu kulit yang dulu pernah mengerjakan brand-brand yang berkualitas. Nah, dari situlah Ramadhan berpikir dari pada beli-beli sepatu KW lebih baik membikin brand sendiri.

“Akhirnya saat itu dimulai dengan memproduksi sepatu kulit 25 pasang dikirim ke kota Makassar saat bulan Ramadan dan terjual habis. Di situlah sudah terbentuk nama brand Guteninc dan logo dari brand, tetapi masih menjual di media-media online seperti Kaskus dan lain-lain. Sebab tahun 2011 di Makassar sangat minim yang menggunakan media online,” ucapnya.

Awalnya Ramadhan sempat ragu dan berpikir apakah ini bisnis yang menjanjikan? Hingga kemudian dia tetap melanjutkan produksi sepatu-sepatu kulit. Selain menjual ke media online, dia juga memasarkan produknya dari mulut ke mulut atau tangan ke tangan saja.

“Ternyata Indonesia juga bisa ya membuat produk-produk yang bagus dan tidak kalah kualitasnya dengan brand-brand dari luar. Berawal dari uang jajan yang dipakai untuk memproduksi puluhan sepatu kulit sampai berlipat ganda dan terus istiqomah untuk memproduksi sepatu kulit,” ungkapnya.

Produknya membidik segmen pasar anak-anak kuliahan mulai dari umur 18 sampai 25 tahun. Nah, masuk tahun ketiga, Guteninc mulai mencari pelengkap dan memproduksi apparel casual basic. Tidak dinyana, respons pasar menggembiarakan.

“Dari awal mula sepatu kulit dan merambah sampai ke apparel dan aksesoris bukan proses yang mudah dilewati bagi kami. Jatuh bangun sudah dirasakan, bagaimana caranya brand ini harus tetap berjalan,” kata dia.

Sampai sekarang Guten Inc sudah memiliki 3 outlet, yakni di Jalan Cihampelas Bandung, Jalan Boulevard Ruko Ruby Makassar dan Jalan Tebet Raya Jakarta Selatan. Produknya telah terjual ratusan ribu setahun dengan omset puluhan miliar.

Guteninc juga telah berkolaborasi dengan para artis, seperti Anya Geraldine, Jessica Milla, Onadio Leonardo dan endorsement sejumlah artis Instagram (selebgram). Bahkan, telah berkolaborasi dengan NASA yang bertajuk Jericho Moonshadow terinspirasi dari sejarah berharga eksplorasi NASA ‘environment beyond earth’. Jericho moonshadow space collection termasuk dalam kategori sneakers model low top chunky ala “dad shoes”. “Produk sepatu ini hanya diproduksi 200 pcs dengan sistem pembelian pre order, dan kuotanya sudah penuh dalam waktu satu hari, dan menjadikannya sebagai satu-satunya brand lokal yang bisa berkolaborasi dengan NASA.

Saat ini Guteninc masih memfokuskan agar menjadi brand nomor 1 di Indonesia. Komitmen ini pun membuat petusahaan bisa bertahan di tengah kondisi sulit akibat pandemi COVID-19 yang memukul berbagai sektor bisnis. Meski saat ini Guteninc ikut terpukul, namun masih dapat membayarkan gaji karyawan tanpa pengurangan sama sekali.

Guteninc pun turut membantu garda terdepan yaitu tenaga medis, dengan membuat kampanye Buy 1 Get 1 yaitu dengan setiap pembelian 1 produk Guteninc sama dengan menyumbangkan 1 masker untuk rumah sakit yang membutuhkan dan sebagian keuntungan penjualan akan didonasikan ke yang membutuhkan.

Guteninc juga ikut merangkul salah satu influencer, dr. Tirta dan fundraising website, Kitabisa. Tujuannya, untuk membantu kampanye ini dan telah telah sukses mengumpulkan ribuan masker dan APD untuk rumah sakit di daerah Jakarta, termasuk Rumah Sakit Islam Jakarta, RSUD Kembangan, dan lainnya. “Di masa pandemi Guteninc memproduksi artikel kaos dengan judul ‘world pandemic t-shirt’,” kata dia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved