KLHK dan BPPT Laksanakan TMC di Sumatera dan Kalimantan

Peluncuran Pelaksanaan TMC 2020

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Besar Teknologi Modofikasi Cuaca (BBTMC) melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Sumatera dan Kalimantan tahun ini.

“KLHK telah berkoordinasi dan membahas bersama BMKG, BPPT, BNPB, BRG, dan Kementan untuk antisipasi musim kemarau 2020 yang diperkirakan mulai masuk pada awal Juni tahun ini, di beberapa wilayah khususnya di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan,” ujar Ruandha Agung Sugardiman, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK.

Lalu, Yudi Anantasena, Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT, mengatakan, BMKG merekomendasi bahwa awal Mei merupakan saat yang tepat melakukan pembasahan lahan gambut khususnya di wilayah propinsi-propinsi yang rawan karhutla dengan pelaksanaan rekayasa hujan buatan melalui operasi TMC. “Pada awal Mei merupakan masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau dimana curah hujan di beberapa wilayah sudah berkurang, namun potensi awan masih tersedia untuk mendukung operasi TMC,” ujarnya.

Operasi TMC untuk rekayasa hujan buatan dimaksudkan untuk membasahi lahan-lahan gambut di musim kemarau, dengan mengisi kanal-kanal, embung dan kolam-kolam retensi areal guna mencegah lahan gambut tersebut terbakar. Sebagaimana kita ketahui di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan beberapa wilayah lahan bergambut terbakar berulang sejak 2015-2019.

Tri Handono Seto, Kepala BBTMC-BPPT, menambahkan, operasi TMC ini akan diawali dengan pembentukan 2 posko di wilayah Sumatera yaitu Posko Pekanbaru yang meliputi wilayah Provinsi Riau dan Jambi serta Posko Palembang untuk wilayah Propinsi Sumatera Selatan. “Operasi TMC ini akan dilaksanakan selama 15 hari di masing-masing posko,” ujarnya.

Selanjutnya juga adakan dibentuk lagi 3 posko serupa di wilayah Kalimantan, yaitu Posko Kalteng-Kalsel, Posko Kalbar dan Posko Kaltim-Kaltara “Diharapkan pelaksanaan TMC yang segera dimulai ini, dapat mencegah terjadinya karhutla sesuai arahan Bapak Presiden sekaligus menekan angka karhula 2020 secara nasional, khususnya di provinsi-provinsi bergambut yang rawan karhutla,” tegasnya.

Terkait dengan pandemi Covid 19, Tri mengatakan, tim TMC akan disiplin melaksanakan kegiatan sesuai protokol kesehatan yang baku.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
BPPT KLHK

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)