Kolaborasi Dukung Perluasan Pembiayaan UMKM

BCA berkolaborasi dengan PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal) sebagai bentuk perluasan terhadap program dukungan perekonomian nasional melalui program Disbursement of Digital Partnership. Kegiatan penandatanganan kesepakatan kedua pihak dilakukan oleh Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dan Co-founder & CEO Komunal Hendry Lieviant di Jakarta, pekan lalu.

Elvriawati mengatakan bahwa keberadaan sektor UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia khususnya di tengah pandemic. Sehingga menurutnya, kerjasama ini menjadi bentuk upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bagi kebutuhan fasilitas pembiayaan yang dibutuhkan UMKM.

“Ini bagian dari inisiatif digital BCA ini juga kian memperluas jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM, jaringan bisnis, serta kolaborasi lainnya,” ujarnya.

Komunal akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Kerjasama yang terjalin ini akan membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan limit kolaborasi yang disepakati senilai Rp 15 miliar. Adapun, kerjasama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 miliar dengan tenor pembiayaan selama maksimal 3 bulan.

Elvriawati menambahkan hingga Oktober 2021, total disbursement of digital partnership yang telah dibukukan oleh BCA yaitu mencapai Rp 145,76 miliar dengan berbagai channeling. Terdapat sejumlah program yang mendukung digital partnership seperti business personal loan e-commerce, business personal loan direct, maupun channeling fintech.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id.

Tags:
BCA UMKM

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)