Trends

Kolaborasi MotionBanking dan MotionPay Targetkan 30 Juta Nasabah dalam 5 Tahun

Teddy Tee, Direktur Operasi MotionBanking (kiri) dan Jessica Tanoesoedibjo Direktur Pengelola MotionPay & Direktur PT MNC Kapital Indonesia Tbk.(kanan) disela-sela launching MotionBanking dan rebranding MotionPay di MNC Tower.

Era digital, menuntut perusahaan harus beradaptasi dan bertransformasi untuk tetap survive dan mampu bersaing dengan mengandalkan teknologi digital. Hal inilah yang dilakukan PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank, anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk atau MNC Kapital meluncurkan aplikasi layanan perbankan digital MotionBanking.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, PT MNC Teknologi Nusantara melakukan rebranding aplikasi e- money, e-wallet, dan transfer digital, SPIN, menjadi MotionPay. Keterkaitan kedua nama tersebut merupakan keputusan strategis yang diambil MNC Kapital untuk memaksimalkan penetrasi pasar dan promosi, sejalan dengan integrasi digital di bawah MNC Capital. “MotionBanking dan MotionPay adalah dua produk digital unggulan yang akan menjadi andalan pertumbuhan MNC Kapital,” kata Jessica Tanoesoedibjo Direktur Pengelola MotionPay & Direktur PT MNC Kapital Indonesia Tbk.

MotionBanking merupakan aplikasi perbankan digital dari MNC Bank untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah. Dengan izin layanan pembukaan rekening secara online (digital onboarding), MotionBanking dirancang sebagai aplikasi perbankan terintegrasi yang menawarkan layanan yang lengkap mulai dari tabungan, transfer, pembayaran hingga kartu kredit, beserta UI/UX yang nyaman seperti login biometrik, notifikasi real-time, dan lain-lain.

Rebranding MotionPay sejalan dengan transformasi keuangan digital MNC Group. MotionPay akan menyematkan seluruh fungsinya (QRIS, e-money, e-wallet, dan transfer digital) ke dalam aplikasi MotionBanking sehingga menghadirkan solusi keuangan digital yang lengkap dan terintegrasi. Aplikasi e-wallet, e-money, dan transfer digital ini melayani transaksi cashless dengan cepat dan mudah melalui smartphone.

Selain itu, MotionPay juga memu- dahkan pengguna membayar tagihan, pulsa atau paket data, serta bertransaksi di merchant online maupun offline dengan menggunakan QRIS di seluruh negeri.

Jessica menambahkan, pengguna MotionPay akan memperoleh reward berupa MotionPoints untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi. MotionPoints dapat ditukar dengan berbagai penawaran menarik sekaligus men- jadi sumber dana tambahan. Dalam waktu dekat, MotionPay akan mengkolaborasikan layanannya dengan mitra pihak ketiga untuk meningkatkan penggunaan aplikasi.

MotionBanking akan mengimplementasikan konsep Open Banking dan Open API untuk menyajikan integrasi tanpa batas baik secara internal maupun eksternal ekosistem MNC Group, memperkaya penggunanya dengan berbagai produk digital di pasar. MotionBanking akan membuka pintu bagi pengembang pihak ketiga untuk mengintegrasikan layanan platform digital seperti marketplace, fintech, ojek online dan lain sebagainya kedalam MotionBanking.

MotionBanking dikembangkan menjadi platform manajemen keuangan untuk berbagai generasi dengan memanfaatkan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan personalization. Pihaknya terus berinovasi untuk mempermudah dan memperkaya pengalaman nasabah.

Perkembangan layanan perbankan secara digital di Indonesia membesar dalam 2 tahun terakhir, dan MotionBanking diciptakan untuk menjadi aplikasi layanan perbankan digital serba bisa untuk memenangkan persaingan pasar. “Kami yakin dengan dukungan dan pengaruh MNC Group di Indonesia, MotionBanking akan menjadi market leader dalam layanan perbankan digital,” kata Teddy Tee, Direktur Operasi MotionBanking.

Untuk mengejar target pertumbuhan, MotionBanking akan memanfaatkan ekosistem MNC Group dengan menyerap user base-nya untuk tujuan akuisisi nasabah MotionBanking. Mengingat MNC Group memiliki lebih dari 9 juta pelanggan TV berbayar yang telah terdaftar, terus tumbuh dengan tambahan 3-4 juta pelanggan baru setiap tahun.

Apalagi didikukung lebih dari 63 juta Monthly Active User (MAU) dari layanan Over The Top (OTT) seperti RCTI+ & Vision+, lebih dari 230 juta followers akun YouTube, Facebook dan Tiktok MNC Group dengan traffic yang dihasilkan mencapai hampir 45 miliar views. Bahkan dengan koneksi ke sekitar 400 artis dan entertainer papan atas, serta 280 YouTuber di bawah manajemen MNC Group, yang siap menjadi influencer dan brand ambassador MotionBanking.

Melihat kekuatan yang ada dengan digital onboarding, MNC Capital berani menargetkan akuisisi 30 juta pengguna baru dalam 5 tahun ke depan. “Saat jumlah pengguna yang ada sekitar 200 ribu, tahun ini diharapkan mengalami pertumbuhan dua kali lipat atau sekitar 400 ribu-500 ribu,” kata Teddy.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved