Marketing Trends

Komitmen Aqua Japan kepada Konsumen Melalui Inovasi Produk dan Layanan

Adanya pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri, termasuk pada bisnis produk peralatan elektronik rumah tangga. Tahun 2021 masih merupakan tahun yang penuh tantangan, namun sekaligus momen kebangkitan.

Optimisme ini diungkapkan oleh produsen elektronik rumah tangga Aqua Japan. “Kunci terus berkembang kami terletak pada strategi dan inovasi yang tepat. Untuk itu, di masa pandemi ini, Aqua Japan terus menghadirkan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen,” kata Presiden Direktur Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki dalam Media Luncheon virtual (23/04/2021).

Sebagai salah satu inovasi di bidang service, brand asal Jepang ini memperpanjang masa garansi bagi produk-produk elektroniknya. Hal ini bertujuan agar konsumen tetap merasa tenang dan aman menggunakan produk tersebut. Beberapa produk seperti kulkas dua pintu inverter, mesin cuci bukaan atas (top load) dan bukaan depan (front load), air conditioner (AC), televisi LED, freezer rumahan, hingga showcase, mengalami perubahan masa garansi menjadi lebih lama.

“Kami tidak ingin konsumen khawatir karena ada batas masa garansi. Kami percaya produk Aqua Japan memiliki kualitas, namun terkadang terjadi hal-hal yang bersifat force majeure seperti bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu. Meski hal ini tidak kami harapkan terjadi, perpanjangan masa garansi akan memberikan ketenangan bagi seluruh konsumen dan hal inilah yang membedakan Aqua Japan dengan kompetitor lain.” ujar Yudistiro, Sales Executive General Manager Aqua Japan Indonesia.

Beberapa poin garansi yang berubah di antaranya, garansi untuk kompresor kulkas yang sebelumnya diberikan hanya 10 tahun, bertambah menjadi 12 tahun. Sementara untuk mesin cuci baik bukaan atas maupun bukaan depan, juga mendapatkan tambahan masa garansi khususnya bagi part BLDC Motor (Brushless Direct Current Inverter) dari awalnya 5 tahun menjadi 12 tahun dan standar motor dari 5 tahun bertambah menjadi 7 tahun. Sementara untuk air conditioner mengalami penambahan waktu terbesar khususnya bagi part kompresor yang dari sebelumnya 5 tahun bertambah menjadi 10 tahun.

Aqua Japan juga memberikan perpanjangan masa garansi bagi produk LED dan LCD TV, dari sebelumnya hanya 2 tahun menjadi 5 tahun khusus part panel. Pihaknya terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk sekaligus terus melindungi konsumen. Ini sesuai dengan tagline Aqua Japan yaitu, Know You Better.

Untuk inovasi dibidang produk, Aqua Japan melihat bahwa di masa pandemi ini, konsumen memiliki kebiasaan berbeda. Seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari seminggu sekali, bekerja dari rumah, dan memperbanyak aktivitas di dalam rumah. Untuk menunjang aktivitas tersebut, dihadirkan produk dengan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

“Inovasi teknologi yang kami hadirkan berusahan menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti menghadirkan kulkas side by side multidoor dengan kapasitas penyimpanan yang luas dan fitur T-ABT yang mampu membunuh 99.9% bakteri serta menguraikan kotoran organik. Lalu ada mesin cuci dengan teknologi UV Function, yang mampu membunuh bakteri dan virus selama proses pencucian, sehingga memberikan hasil sanitasi yang maksimal.” jelas Meiriano Ullman, Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia.

Rian mengatakan, ada pula air conditioner dengan fitur Aqua Fresh yang mampu membersihkan sendiri debu dan kotoran yang menempel di evaporator dan membunuh 99.9%. virus dan bakteri serta produk unggulan lain yaitu Android Smart TV dengan teknologi AI SMART Voice dan Android IoT Hub yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menikmati berbagai konten hiburan juga mengontrol berbagai perangkat pintar di rumah secara bersamaan.

Aqua Japan juga memperhatikan, selama di rumah orang lebih banyak menghabiskan waktu melakukan aktivitas komunikasi di channel digital dan media sosial . Untuk itu, perusahaan ini terus melakukan peningkatan untuk program-program promosi berbasis digital. “Saat ini kami menjalankan program promo penjualan yang bertema “Tabur Berkah” di mana pada program tersebut kami memberikan hadiah mulai dari voucher belanja hingga Rp1,5 juta dan give away atau hadiah langsung senilai hingga Rp850 ribu. Promo ini sejak bulan Ramadan, jelang Idul Fitri, hingga pasca Idul Ftri; April sampai Juni 2021, “ jelas Glenn Manengkei, Head of Marketing Department Aqua Japan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved