Management Trends

Komitmen DAP Tumbuh Bersama Karyawan

PT Duta Abadi Primantara (DAP), perusahaan yang fokus di bisnis bedding sejak berdiri 30 tahun lalu, menjaga komitmen kepada konsumen dengan menghadirkan produk berkualitas. Perseroan juga terus mengembangkan kemampuan karyawan melalui DAP Learning Center. Ini menunjukan bahwa perusahaan menempatkan karyawan sebagai bagian penting dari perjalanan DAP selama ini.

DAP Learning Center memang baru diresmikan oleh Presiden Direktur DAP Anthony Setiawan, pada akhir Desember di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan. Ini merupakan lokasi pertama DAP Learning Center, namun ini menjadi komitmen jangka panjang peruaahaan yang diguliekan secara bertahap. Ke depan, akan dibuka di kota-kota lainnya.

Sales & Marketing Director DAP Aria Hermawan mengungkapkan bahwa kehadiran DAP Learning Center bertujuan untuk meningkatkan standar pengembangan dan pembelajaran karyawan, mengembangkan skill dan knowledge karyawan, serta memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih massif dan intens.

“DAP Learning Center merupakan wujud komitmen management dalam mengelola SDM, karyawan tidak hanya sebagai orang yang bekerja tapi juga keluarga yang perlu terus dikembangkan agar selalu relevan dengan kebutuhan bisnis,” ujar Aria.

Seluruh karyawan DAP hingga level eksekutif akan diberikan pelatihan di DAP Learning Center. Pemateri di DAP Learning Center akan menyesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Selain internal tim Learning DAP, proses pelatihan juga diberikan dari pihak principal masing-masing brand eksklusif DAP. Tak ketinggalan, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan knowledge dan skill bagi karyawan.

Saat ini seluruh bisnis DAP sesuai dengan ISO 9001 2015. Sertifikasi ISO 9001 2015 adalah standar bertaraf internasional di bidang sistem manajemen mutu. Jika perusahaan telah mendapatkan sertifikasi tersebut, dapat dikatakan telah sesuai dan memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen mutu. Perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen, memotivasi karyawan, dan menciptakan budaya perbaikan secara berkelanjutan.

Berdasarkan hal tersebut, seluruh pelatihan di DAP Learning Center mengacu pada standar mutu ISO 9001 2015, sehingga proses pembelajaran di DAP Learning Center juga dilakukan dalam rangka meningkatkan skill dan knowledge karyawan sesuai standar mutu ISO 9001 2015.

Setiap karyawan DAP akan memiliki kurikulum pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan dan jabatan masing-masing. Sebagai contoh, kurikulum yang diberikan untuk Sales Promotion Team adalah Salesmanship & Excellence Service, sedangkan untuk level eksekutif akan diberikan kurikulum Leadership & People Management.

Proses pelatihan dilakukan dengan beberapa metode, antara lain seminar, games, group discussion, analisa masalah, dan lain-lain. Pelatihan dilakukan dua arah antara peserta dan pemateri agar setiap peserta memiliki ruang untuk diskusi dan berpendapat. Terdapat empat hingga lima kelas pelatihan dalam satu bulan, masing-masing kelas belangsung selama dua sampai tiga hari.

Sebagai wadah pengembangan karyawan, DAP Learning Center tidak hanya melakukan proses pelatihan, namun juga membangun sebuah sistem dan infrastruktur yang dapat memetakan dan memfasilitasi pelatihan yang dibutuhkan setiap karyawan DAP.

“Kami berharap dengan hadirnya DAP Learning Center, DAP dapat terus menjadi market leader di industri bedding serta selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan melalui karyawan-karyawan terbaik yang kami miliki. Selain itu, kami juga berharap karyawan DAP menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri”, tutur Jeffrey Pratama, Head of Human Capital Management DAP.

Saat ini DAP membawahi beberapa merek matras antara lain Aireloom, King Koil, Serta, Florence, Simply, Tempur dan kursi pijat Ogawa. Tidak hanya di Indonesia, DAP juga memegang lisensi eksklusif beberapa merek dari brand-brand tersebut untuk negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

DAP yang berdiri sejak tahun 1990 telah mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia, meliputi pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Bali, NTT, Kalimantan, PT Duta Abadi Primantara terus berkembang hingga kini. Didukung lebih dari 1000 dealer, melayani masyarakat Indonesia akan kebutuhan matras yang terus meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi, ditambah dengan kebutuhan perhotelan di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved