Technology Trends

Komitmen Telkomsigma Jalankan Standar Operasi Data Center secara Best Practice

Komitmen Telkomsigma Jalankan Standar Operasi Data Center secara Best Practice

Telkomsigma kian menguatkan eksistensinya sebagai penyedia data center di Indonesia. Berbagai penghargaan diraih yang menegaskan anak usaha Telkom ini sebagai penyedia data center unggulan dan telah memenuhi berbagai kriteria penting dari data center selain dari aspek operasionalnya

“Dalam memilih data center, penting untuk memastikan track record dari provider dengan melihat aspek expertise dan experience-nya. “Akan lebih baik jika provider (data center) didukung oleh praktisi ahli bersertifikasiuntuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional,” kata Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno (20/09/2021).

Ia menegaskan bahwa sejak tahun 2021, Telkomsigma terus menjaga komitmen operasi layanan data center-nya melalui pembaruan sertifikasi data center, yang salah satunya adalah dengan melakukan perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga 2024.

Adanya sertifikat Tier III Operation menjamin operasi data center yang dikelola secara terstruktur dan telah melalui tahapan assessment serta audit pada aspek operasi, software, infrastruktur, SDM, dan berbagai komponen lainnya sehingga menjamin operasi data center agar terhindar dari potensi terjadinya downtime yang tak terduga.

Dengan begitu, melalui sertifikat Tier III Operation yang hingga kini masih menjadi satu-satunya yang tersedia di Indonesia, data center Telkomsigma mampu melakukan proses production non-stop secara maksimal dengan didukung oleh keberadaan fasilitas disaster recovery yang andal.

Pengalaman Telkomsigma yang lebih dari 20 tahun sebagai pemain data center di Indonesia tentu saja merupakan keunggulan kompetitif. Perusahaan ini menawarkan kapabilitas layanan data center secara end-to-end mulai dari colocation, cross connect, remote & smart hand, managed operation, hingga tersedianya layanan consulting dan construction yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang ingin membangun data center.

Saat ini, perseroan tengah memegang tata kelola bagi 18 internet data center TelkomGroup (neuCentriX) dan juga 3 enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Per 2021, lebih dari 300 pelanggan segmen enterprise, pemerintahan, startup, dan termasuk 60% diantaranya sektor perbankan dan finansial berada dalam cakupan operasional data center Telkomsigma. Angka tersebut belum termasuk penambahan berbagai proyek yang sedang berjalan seiring dengan demand pusat data yang terus meningkat.

“Penghargaan mendorong kami terus menjaga berkomitmen dalam menjalankan standar operasi data center secara best practice, serta terus menguatkan visi kami sebagai mitra transformasi digital pilihan di Indonesia melalui pilar bisnis kami dalam IT Services, Cloud, Data Center, dan Digital Services,” tegas Tanto.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved