Management Trends

Kompetisi WMM 2022 Terbagi dalam Sub Kategori Baru

Kompetisi WMM 2022 Terbagi dalam Sub Kategori Baru

Mendorong anak muda berwirausaha, Bank Mandirikembali menggelar ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022. WMM ke-19 yang mengusung tema ‘Proud to be Entrepreneur’ akan dibuka pendaftarannya pada 27 September – 27 Oktober 2022.

VP CSR Center Dept Bank Mandiri Diwangkoro A Ratam mengatakan pihaknya berharap dacara ini bisa mewadahi Jawara Wirausaha Muda di Indonesia untuk berkembang dan naik level dari lokal ke nasional, nasional hingga ke global.

Dia menyampaikan bahwa, WMM 2022 tidak hanya kompetisi, namun peserta juga akan akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya. “Kami telah memiliki ekosistemnya, mulai dari pengembangan produk, pemasaran, branding hingga layanan perbankan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pagelaran kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, WMM 2022 terbagi ke dalam sub kategori baru yaitu boga atau bisnis makanan dan minuman, lalu kategori kreatif seperti kesenian dan budaya, fesyen, dan entertainment. Kemudian, kategori teknologi dalam bentuk bisnis atau inovasi digital, dan kategori sosial yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan dan jasa kepada masyarakat.

Seluruh peserta juga akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp 2 miliar. “Hadiahnya yang mereka dapatkan beragam, tergantung dengan apa yang mereka presentasikan nanti, sehingga jumlahnya akan berbeda-beda,” jelasnya.

Selain itu, tahun ini untuk pertama kalinya dibuka kategori santripreneur. Hal ini dilakukan untuk mendorong kapasitas para santri di seluruh Indonesia agar memiliki semangat kewirausahaan dan diharapkan dapat menjadi bagian dari motor perekonomian nasional di masa mendatang.

Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Ide bisnis yang cemerlang juga berpeluang untuk memperoleh hadiah dengan total mencapai Rp 500 juta. Hingga saat ini, telah tercatat, lebih dari 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari kompetisi ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.

Salah satu alumni WMM 2018, Malinda Amalia, Pendiri Linean mengatakan bahwa dia mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti ajang ini. “Tentunya dari sisi networking, diajak untuk ikut serta dalam pameran baik di dalam maupun luar negeri, selain itu juga sudahmasuk ke Rumah BUMN,” jelasnya.

Bergerak di bidang fesyen, Malinda mengakui bisnisnya telah berkembang hingga 120% setelah mengkuti ajang ini. Malinda juga menyampaikan pihaknya juga telah melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Brunei Darussalam, London, Amerika Serikat plus Singapura.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved