Kuliner Traveloka Ada di 7 Kota

Traveloka melebarkan sayap dengan  layanan kuliner yang dapat diakses melalui aplikasi Traveloka bernama Kuliner Traveloka di Jakarta (9/5/2018).

Perusahaan yang  berdiri sejak 2012 ini menghadirkan Kuliner Traveloka di 7 kota, di antaranya Jakarta, Tangerang, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Layanan Kuliner Traveloka menawarkan panduan lengkap mengenai informasi sajian kuliner yang disukai dan populer di kalangan masyarakat lokal, lengkap dengan ulasan para pelanggan yang dikurasi oleh Traveloka dalam Food Directory.

Saat ini, Kuliner Traveloka menyediakan lebih dari 8.000 informasi restoran yang terbagi dalam sembilan kategori makanan, di antaranya kuliner Asia, Barat, Indonesia, dan lain-lain. Kuliner Traveloka tidak menutup kemungkinan untuk memasukkan kuliner kaki lima ke dalam listnya. Pengguna dapat menikmati penawaran eksklusif berbagai restoran yang bekerja sama dengan Traveloka saat menggunakan layanan Kuliner Traveloka.

Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, mengatakan, “Kuliner dan traveling merupakan hal yang saling melengkapi satu sama lain. Hadirnya Kuliner Traveloka menjadi satu inovasi yang dapat memudahkan pelanggan kami dalam mencari restoran semudah mencari hotel di Traveloka. Dengan hadirnya produk baru ini akan semakin melengkapi kebutuhan pelanggan setia Traveloka di mana mereka bisa mendapatkan kebutuhan perjalanan maupun gaya hidup dalam satu aplikasi.”

Traveloka menyasar pengguna yang sudah menggunakan Traveloka. Untuk target, Christian mengatakan,  prinsip Traveloka adalah continuous innovation and improvement. Ia ingin melihat feedback para pengguna, kemudian menyesuaikan peningkatan kualitasnya.

Vita Datau Mesakkh, Kepala Tim Percepatan Wisata Kuliner & Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia, menuturkan, “Kuliner merupakan salah satu elemen kearifan lokal dari traveling. Sejalan dengan misi Kementerian Pariwisata untuk go digital, kami mendukung kehadiran Kuliner Traveloka sebagai salah satu kanal baru untuk memperkenalkan wisata dan kuliner dalam satu platform. Ke depannya, kegiatan traveling akan menjadi semakin mudah dan menyenangkan dengan kehadiran berbagai layanan yang terintegrasi secara digital dalam satu platform.”

Kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat pariwisata Indonesia. Kontribusi kuliner pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Ekonomi Kreatif (EKRAF) adalah yang tertinggi. Pada tahun 2017, kuliner mencatat pendapatan sebanyak 42% atau unggul di atas bidang fashion sebanyak 18%, dan bidang kerajinan atau kriya di tempat ketiga sebesar 15%. Menurut UNWTO (2013), sekitar 30% – 40% dari pendapatan pariwisata bersumber dari wisata kuliner.

Pada  2017, pendapatan dari kuliner mencapai 30 persen atau setara dengan Rp60 triliun dari total pendapatan pariwisata yang mencapai Rp200 triliun. Dengan hadirnya Kuliner Traveloka, diharapkan dapat mendukung dan berkontribusi meningkatkan pariwisata Indonesia. Kuliner Traveloka dapat diakses melalui Traveloka App versi 3.1.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)