Marketing Trends

Langkah Dua Pahlawan Muda Berdayakan Masyarakat

Langkah Dua Pahlawan Muda Berdayakan Masyarakat

Meneruskan perjuangan para pahlawan, kini banyak anak muda yang terus berkarya mengharumkan nama bangsa serta berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia melalui digitalisasi teknologi. Dengan adanya digitalisasi membuat UMKM tidak hanya mampu bertahan di tengah Pandemi tetapi juga bisa turut memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Muhammad Shidiq (31) bersama dua sahabatnya mendirikan label sepatu Geoffmax pada tahun 2012 dengan mengusung konsep old school sebagai ciri khas produknya. Usaha ini berawal dari perasaan miris melihat banyaknya anak muda yang lebih senang membeli produk luar bahkan sampai membeli replikanya. Keduanya memilih teknologi digital untuk terus berkembang dan kini bisa menjadi sumber pendapatan bagi ratusan karyawan sekaligus ikut memberdayakan komunitas sekitar seperti penjual dan perajin lokal.

Ia menceritakan bahwa bisnisnya dimulai dari sebuah toko kecil di Bandung dan sekarang meluas ke berbagai daerah di Jabodetabek. Setelah beberapa tahun, ia melihat tren belanja online meningkat sehingga ia memutuskan untuk menjual produknya melalui e-commerce Shopee. “Selama pandemi jadi tumpuan banget, bahkan 80 persen pesanan sekarang juga dari Shopee,” kata Shidiq dalam sebuah wawancara bersama media belum lama ini.

isnis Geoffmax pun tidak hanya dikembangkan di daerah Bandung. Mereka berkolaborasi dengan brand-brand lokal lain di luar Bandung seperti Malang, Batu, Bogor, Banjarbaru, Bali dan wilayah lainnya. Kemudian, bersama Shopee, Geoffmax mencapai salah satu cita-citanya untuk menjual produknya ke luar negeri.

“Tidak menlnyangka juga sekarang bisa ekspor ke Malaysia, Singapura dan Filipina. Setiap bulannya, ada ratusan produk yang udah bisa kita ekspor. Jualan ke luar negeri segampang jualan di Indonesia. Dibantu sama Shopee semuanya,” tutur Shidiq.

Bisnis Shidiq kini tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, tapi juga komunitas sekitarnya. Di awal ia hanya memiliki enam karyawan dan setelah berjalan selama Sembilan tahun, saat ini sudah ada 150 karyawan. Bukan hanya di kantor saja, komunitas sekitar tempat usaha juga diberdayakan melalui pabrik kecil Geoffmax yang menyerap ratusan karyawan dari masyarakat lokal. Menurut Shidiq, karyawan yang dia terima berasal dari berbagai macam daerah dan latar belakang mulai dari anak yang putus sekolah hingga yang tidak lulus SMA. Dia percaya semua orang berhak mendapatkan kesempatan untuk bekerja terlepas dari apapun latar belakangnya, jika memang memiliki etos kerja baik. Untuk produk Geoffmax sendiri, Shidiq mengambil bahan dari penjual kain lokal dan penjahit di sekitaran tempat produksi Geoffmax.

Sama halnya dengan Shiddiq, M. Dandi Sepsaditri dengan usaha Baso Aci Akang juga menjajakan jualannya melalui e-commerce Dia berkisah, berdirinya Baso Aci Akang didasari kecintaannya pada hidangan baso dan pengalamannya menyantap baso aci kemasan di Garut pada tahun 2015. Saat itu, muncul ide untuk membangun bisnis menjual baso aci yang kala itu belum menjamur.

“Saya memberanikan diri untuk pindah ke Tangerang dan akhirna mendirikan bisnis Baso Aci Akang pada tahun 2018 bermodalkan uang sebesar Rp8 juta, gerobak pinjaman dari tetangga, dan tempat sewaan di dalam komplek perumahan yang kurang strategis,” kenang Pendiri & CEO Akang Group itu.

Di tengah perkembangan bisnisnya yang pesat, Dandi dan Baso Aci Akang dihadapkan dengan pandemi COVID-19 pada tahun 2020 yang membawa dampak signifikan terhadap omzet usahanya. “Mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay menjadi salah satu upaya yang dilakukan Dandi untuk bangkit, dan berbagai kampanye dan promo menarik yang dihadirkan ShopeePay mampu membantu mendorong jumlah transaksi pelanggan sehingga meningkatkan pendapatan Baso Aci Akang di tengah situasi pandemi,” kata Dandi.

Selama tiga tahun beroperasi, Baso Aci Akang kini telah berhasil memiliki 108 gerai yang tersebar di Lampung, Jawa, dan Bali. Tanpa disangka-sangka, bisnis yang berawal dari modal minim dan gerobak pinjaman ini berhasil membawa Dandi untuk membuka lapangan pekerjaan bagi lebih dari 600 karyawannya. Selain memberikan kesempatan kerja bagi banyak orang, Baso Aci Akang mencoba untuk memberdayakan UMKM Lokal di sekitarnya dengan cara menjadikan UMKM tersebut sebagai pemasok tetap bahan baku dari berbagai menu hidangan Baso Aci Akang.

“Buat saya, UMKM Lokal adalah pahlawan yang secara tidak langsung berjuang dalam menjaga perekonomian Indonesia,” tutur Dandi. Ke depannya melalui Baso Aci Akang, dia berencana membuka semakin banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia dan memberikan manfaat bagi karyawan-karyawannya dengan memberikan akses untuk mendapatkan nafkah yang cukup serta pendidikan yang layak.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved