Langkah HokBen Hadapi Pandemi COVID-19

HokBen Ready to Heat, salah satu cara resto ini hadapi pandemi COVID-19

Tahun ini HokBen memasuki usia 35 tahun. Tantangan besar dihadapi, gerai-gerai HokBen tidak bisa buka dan ramai seperti biasanya karena pandemi COVID-19. Namun, HokBen terus berupaya mengolah inovasi dan strategi agar bisa selamat dari krisis akibat pandemi ini.

Tentu bukan perkara mudah menghadapi pandemi ini, terlebih industri F&B adalah salah satu yang paling merasakan dampaknya. Apalagi setelah pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. HokBen yang lahir pada 18 April 1985 berada di bawah manajemen PT Eka Bogainti, membuka gerai pertamanya di Kebon Kacang Jakarta. Per akhir Januari 2020 telah berkembang dengan 173 gerai di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Terus berinovasi adalah kunci HokBen dalam menghadapi segala tantangan bisnis, termasuk menghadapi tantangan wabah virus ini. Francisca Lucky, General Manager Marketing PT Eka Bogainti (HokBen) meyakini bahwa pelanggan setia HokBen yang kini sudah dua bulan #dirumahsaja, kangen menikmati menu-menu favoritnya. Tapi di sisi lain, mereka harus tetap #dirumahsaja.

“Sesuai visi HokBen yaitu membawa kebaikan untuk memelihara kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan yang berintegritas, serta menjawab kebutuhan pelanggan terutama pada saat harus #dirumahAja, kami pun melakukan berbagai langkah inovasi,” katanya.

Salah satunya dengan melahirkan produk baru dengan kampanye ‘Sekarang semua bisa “masak” sendiri HokBen Teriyaki dan Yakiniku’. Menurut Francisca, dua menu ini merupakan menu andalan dan favorit pelanggan setia HokBen. Dengan kehadiran HokBen Ready to Heat ini, semua kini bisa masak menu andalan HokBen Teriyaki dan Yakiniku walau sedang #dirumahsaja. Selain menjawab rasa kangen akan menu andalan ini, produk dan layanan ini juga terjamin berkualitasnya, baik dari rasa maupun kebersihannya.  

“Pelanggan cukup memanaskan pilihan menu yang dibeli sebelum menyantapnya. Ada 3 varian produk Ready To Heat, yaitu: Beef Teriyaki, Beef Yakiniku dan Chicken Teriyaki, dengan ukuran masing–masing 200 gram. Praktis sekali cara menyiapkannya, tinggal dipanaskan dengan cara direbus, steam atau microwave, lezatnya Beef Teriyaki, Beef Yakiniku serta Chicken Teriyaki khas HokBen siap dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

Menu yang dijual dengan harga mulai dari Rp 49 ribuan untuk menu Chicken Teriyaki dan Rp 69 ribu untuk menu Beef Teriyaki dan Beef Yakiniku ini juga bisa menjadi pilihan untuk buka puasa atau sahur di bulan Ramadan ini. Selain itu, HokBen juga mengembangkan produk baru khusus Ramadan. Bento Ramadan kali ini hadir yang dijual dengan harga hemat mulai dari Rp 25 ribuan per-orang. Terdiri dari Paket Berdua, Berempat dan Paket Lengkap Berempat (Family Meal) yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga di rumah tanpa harus datang ke gerai HokBen.

”Kami sadar bahwa masyarakat Indonesia selektif dan hati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, salah satunya adalah makanan yang halal. Sudah menjadi komitmen HokBen sejak dulu untuk selalu mengutamakan kualitas terbaik dan terjamin kehalalannya dalam semua menunya, dimulai dari bahan baku, proses produksi sampai siap disajikan kepada pelanggan HokBen,” ujar Francisca.

Baik menu Ready To Heat, maupun paket menu Ramadan, saat ini tersedia di seluruh gerai HokBen area Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. HokBen Ready To Heat bisa dibeli melalui layanan Take Away, HokBen Drive Thru, HokBen Apps & Website, HokBen Delivery 1-500-505 dan juga mitra online HokBen.

Untuk lebih memudahkan pelanggan untuk mendapatkan menu HokBen, layanan HokBen Apps & Website pun dimutakhirkan. Melalui HokBen Apps dan Website terbarunya yang telah diluncurkan kembali pada tanggal 8 April 2020 lalu, konsumen setia HokBen akan semakin dimudahkan dalam menikmati beragam sajian menu HokBen.

“ Berbagai fitur baru sekarang dapat dinikmati, seperti: setiap transaksi akan mendapatkan poin, lalu poin tersebut bisa ditukarkan dengan e-voucher yang ada di aplikasi. Berbagai alternatif jenis pembayaran non tunai juga bisa dipilih pelanggan. Kini pelanggan bisa bebas memesan menu HokBen di manapun dan kapanpun. Walaupun saat ini kita harus menjaga jarak, dengan HokBen Apps & Website, kita hanya sejarak sumpit,” tandasnya.

“Cara login juga mudah dan aman dengan standar keamanan yang sudah teruji. Dan layanan yang dapat diakses semakin bervariasi mulai dari take away, delivery, drive thru. Dan untuk mempersiapkan paska pandemi, ketika masyarakat bisa kembali makan di restoran, layanan online HokBen ini, tahap berikutnya dikembangkan untuk layanan Dine in dengan reservasi meja, layanan Party dengan jadwal yang bisa dipesan, serta large order yang memungkinkan pelanggan untuk memesan dalam jumlah besar,” jelasnya.

Dan untuk menjaga loyalitas pelanggan, setiap transaksi akan mendapatkan poin, yang nantinya bisa ditukarkan dengan e-voucher yang ada di aplikasi. Kanal pembayaran non tunai yang beragam, mulai dari kartu kredit dan debit, Link Aja, Ovo serta masih banyak lagi yang akan tersedia ke depannya. Pelanggan juga bisa melihat status pemesanan menu, apakah sedang disiapkan oleh gerai HokBen, sedang diantar, atau sudah sampai di depan rumah, dalam bentuk jejak waktu dan notifikasi di ponselnya.

Francisca menambahkan, khusus selama pandemi Covid-19 ini, HokBen memberikan pelayanan perlindungan ekstra pada setiap kemasan yang dibawa pulang atau dibawa oleh delivery HokBen maupun oleh mitra online HokBen, mulai dari dilengkapinya setiap boks menu HokBen dengan safety sticker yang akan rusak bila kemasan sudah dibuka, dan juga penerapan standar baru agar setiap kemasan dibungkus sebanyak dua kali dan diberikan kabel pengikat khusus (kabel tis).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)