Lazada Akan Buka Pasar Untuk UMKM di 6 Negara

Chief of Marketing Officer Lazada, Ahmad Alkatiri, mengatakan,  pihaknya berencana akan membuka pasar bagi UMKM Indonesia yang berjualan di Lazada agar produknya bisa dipasarkan ke enam negara yang telah dimasuki market place tersebut. M

Menurut Ahmad, selama ini UMKM Indonesia sudah banyak di ajak oleh institusi baik pemerintah maupun swasta mengikuti pameran di luar negeri. Namun, hanya sebatas pameran, maka Lazad bermaksud membuka akses pasar yang sifatnya berkelanjutan “Dengan teknologi dan internet sekarang kami bisa melakukannya,” ujarnya.

Ide ini juga muncul karena banyak keluhan masyarakat soal masuknya produk-produk China di Indonesia melalui e-commerce. “Banyak yang berusaha untuk meredam isu ini. Kami juga ingin beri solusi yang fair, dengan membuat model bisnis yang memberi akses UMKM Indonesia bisa jualan di enam negara yang sudah kami masuki ,” jelas Ahmad.

Ia yakin rencana ini akan berjalan lancar karena Lazada sudah memiliki infrastruktur di enam negara tersebut, salah satunya adalah pergudangan yang terletak di kawasan bebas bea cukai. Para UMKM nantinya bisa menyimpan stok barang di gudang disetiap negara tersebut, sehingga disaat ada order dari pembeli di negara tersebut, barang bisa diambil dan dikirimkan dari sana.

“Itulah kenapa ini sangat memungkinkan bagi kami untuk melakukanya,” jelas Ahmad. Lazada akan melakukan percobaan peluncuran rencana kerja ini di bulan Mei 2018 dan akan resmi merilis pada Agustus 2018. Jadi nantinya Lazada tidak hanya membantu UMKM dalam hal teknologi, tetapi juga infrastruktur.

Menurutnya, e-commerce adalah industri yang sangat bisa mendorong ekonomi digital melalui cara yang paling nyata, “Salah satunya adalah bagaimana kami bisa memberdayakan teman-teman UMKM secara nasional. Jadi bukan hanya yang di Jakarta saja,  tapi juga yang di luar Jakarta dan luar Jawa, mereka punya kesempatan yang sama untuk scale up bisnis mereka,” jelas Ahmad.

Ahmad menjelaskan, Lazada yang memulai bisnis sebagai marketplace B2C, kini juga melebarkan sayap untuk menggarap C2C. Sehingga ke depan lapak online ini juga akan memberi tempat bagi para wirausaha pemula skala kecil untuk memulai bisnisnya di Lazada.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)