Marketing Technology Trends zkumparan

Lazada Bantu Seller Lipatgandakan Penjualan Saat Ramadan

Berdasarkan penelitian eCommerceIQ Asia, ditemukan bahwa masyarakat Indonesia gemar browsing dan berbelanja online saat Ramadan pada jam sahur dan menjelang berbuka puasa.

Penelitian ini sesuai dengan data internal Lazada, setiap Ramadan terdapat peningkatan jumlah transaksi dibanding bulan biasa. Melihat besarnya potensi saat Ramadan, Lazada meluncurkan berbagai inovasi dan fasilitas untuk membantu seller marketplace melipatgandakan penjualannya.

Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, memprediksikan bulan Ramadan kali ini akan mengalami lonjakan trafiik dalam situs dan aplikasi Lazada di jam sahur dan berbuka. Berkaca dari hasil tahun sebelumnya, penjualan seller juga diprediksi akan bertambah secara signifikan. “Agar seller kami dapat memanfaatkan kesempatan emas ini Lazada meluncurkan sejumlah fitur baru di Seller Center App dan memfasilitasi Seller Voucher dengan harapan para seller Lazada dapat menikmati lonjakan order setidaknya hingga 10 kali lipat dibanding hari biasa,” ungkapnya.

Sejumlah fitur baru yang diperkenalkan dalam Seller Centre App adalah fitur chat, fitur dekorasi toko, dan fitur bisnis analisis. Fitur chat bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara seller dan konsumen untuk konfirmasi status order, menanyakan stok barang, atau juga memberikan saran serta komentar. Fitur dekorasi toko, memungkinkan seller mengkurasi halaman utama toko online-nya untuk menonjolkan produk dan promo kepada konsumen.

Lazada mengerti bahwa bagian paling penting bagi seller untuk merancang strategi penjualan saat Ramadan ini adalah akses data dan informasi. Dengan fitur bisnis analisis, para seller di Lazada dapat memantau penjualan, trafik, stok produk, produk terlaris, juga produk yang masuk wishlist konsumennya. Data yang ada dalam fitur ini terus terupdate setiap 30 detik, ini memungkinan seller untuk memonitor secara real time.

Semuanya dapat diakses dengan mudah melalui Seller Centre App para seller. “Selain fitur-fitur inovatif ini, Lazada juga mempersiapkan fasilitas promo voucher toko untuk para penjual di Lazada yang dapat diberikan konsumen untuk berbelanja di toko mereka pada 25-28 Mei,” tambah Achmad.

Lazada memberikan subsidi untuk voucher tersebut hingga 50% dari nilai diskon voucher, agar lebih menarik bagi konsumen. Dengan mengikuti promo voucher toko, diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah transkasi konsumen di toko tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved