Lazada dan BRI Dukung UMKM di Program #UpgradeUKM 

Proses Penandatanganan Peresmian #UpgradeUKM.

Lazada dan BRI resmi menandatangani MoU untuk membantu upgrade skala bisnis UMKM di sejumlah wilayah Indonesia. Setahun ke depan, kedua perusahaan ini akan berkolaborasi dalam berbagai inisiatif, salah satunya roadshow #UpgradeUKM 2018.

Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Lazada atas program pemerintah untuk menggerakkan 8 juta UMKM Go Digital pada 2019. Tahun 2017, program #UpgradeUKM Lazada telah mengunjungi 11 kota di Indonesia dan berhasil memberikan pelatihan mengenai pemasaran produk secara online. Tahun 2018, Lazada juga akan memperkenalka Lazada University sebagai fasilitas UMKM yang telah menjadi penjual di Lazada.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, menyampaikan, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar dan  tech-savvy. Mereka memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, baik sebagai pelaku usaha UMKM maupun penyedia jasa lain terkait industri digital. “Membantu UMKM agar dapat mengembangkan usahanya secara online, merupakan fokus Lazada tahun ini. Untuk itu kami meluncurkan program #UpgradeUKM 2018 di 29 kota di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, tahun 2017 BRI sudah menyalurkan Rp69,4 triliun dana KUR kepada lebih dari 3,7 juta debitur baru dan 41%-nya telah digunakan untuk sektor produktif. "BRI dan Lazada memiliki visi yang sama, yakni mendorong UMKM binaan agar naik kelas menjadi technopreneurs. Bagi BRI, pemberdayaan UMKM di Indonesia perlu didukung dari berbagai sisi, mulai dari kemudahan akses pembiayaan hingga upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas mereka", ungkap Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik Wijayanto.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menambahkan, digitalisasi yang terjadi juga menjadi motor pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam tahun-tahun ke depan. Program UMKM Go-Digital, Kemkominfo mendukung inisiatif pelaku e-commerce dalam memberikan fasilitas dan pembinaan berkelanjutan bagi pelaku UMKM.

Harapan besar juga disampaikan oleh Tjahya Widayanti, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia atas komitmen Lazada untuk membantu para pelaku bisnis UMKM, meningkatkan kemampuan mereka melayani konsumen yang lebih besar melalui platform online. Melalui program ini, Lazada berusaha terus membantu UMKM Indonesia untuk menggarap potensi pasar nasional dan suatu saat nanti juga pasar internasional. Sehingga produk-produk buatan anak bangsa dapat turut bersaing di pasar mancanegara.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!