Management Trends

Legit Group Raih Pendanaan Tahap Awal US$ 3 Juta di Tengah Pandemi

Legit Group Raih Pendanaan Tahap Awal US$ 3 Juta di Tengah Pandemi

Operator cloud kitchen Legit Group mengumumkan telah mendapatkan pendanaan tahap awal (seed funding) sebesar US$ 3 juta atau setara dengan Rp 43 miliar yang dipimpin oleh East Ventures, dan diikuti oleh AC Ventures.

Didirikan pada awal 2021, Legit Group memiliki misi untuk menjadi pemimpin brand Food and Beverages (F&B) yang berfokus pada layanan pengiriman di Asia Tenggara. Sejak awal, Legit Group telah membangun kerja sama strategis dengan Ismaya Group, Yummy Corp, dan GK Hebat untuk mempercepat ekspansi dan mendorong strategi pertumbuhan bisnis.

Saat ini, Indonesia memiliki pasar layanan delivery makanan di Asia Tenggara dengan nilai US$ 3,7 miliar dan menyumbang 31% dari total pengiriman di kawasan ini. Nilai ini tercatat terus bertumbuh sebesar 32,5% setiap tahun.

Legit Group akan menggunakan pendanaan ini untuk melakukan ekspansi secara agresif dengan menambah titik-titik lokasi operasional guna menjangkau pelanggan yang lebih luas. Legit Group juga berencana untuk membuat berbagai brand baru yang berfokus pada layanan pengiriman, serta memperkuat pemasarannya.

Penjualan perusahaan ini telah tumbuh 9,5 kali sejak awal berdiri dan mengalami peningkatan pendapatan hingga 61% dari Juni hingga Juli saja. Saat ini, Legit Group memiliki tiga brand (Pastaria, Sei’Tan dan Juju Chikin), serta telah beroperasi di 45 titik distribusi. Ke depan, akan meluncurkan dua brand lain, dan memperluas operasional ke 135 titik distribusi hingga akhir tahun ini.

CEO dan Co-founder Legit Group Sumarno Ngadiman mengatakan DNA dari bisnis F&B yang mengutamakan pengiriman sangat berbeda dari bisnis restoran offline atau tradisional, itulah sebabnya banyak restoran tradisional kesulitan untuk bersaing di pasar layanan pesan-antar. Sumarno sendiri adalah Pendiri Eatwell Group dan telah bekerja sama dengan Ismaya Group dan Yummy Corp.

“Kunci sukses dari bisnis F&B yang berfokus pada layanan pesan-antar adalah mampu menciptakan makanan berkualitas tinggi yang memiliki ketepatan waktu konsisten serta tetap optimal selama pengiriman dan memiliki harga terjangkau,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved