Lenna Pelopori Aplikasi Asisten Pribadi Berbasis AI

Rissandi, CEO PT Sinergi Digital Teknologi. (Photo: Anastasia/SWA)

PT Sinergi Digital Teknologi (SDT) meluncurkan aplikasi asisten pintar yang diberi nama Lenna, di Jakarta (23/01/2018).

Peluncuran ini menjadikan Lenna sebagai pionir aplikasi asisten pribadi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence  (AI) di Indonesia. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan millenial yang cenderung menyukai kegiatan multitasking dan cepat.

"Kunci awal dibentuknya Lenna adalah easiness, flexibility, whole new experience, and embracing new technology era,” ujar Rissandi, CEO PT Sinergi Digital Teknologi di acara peluncuran. Lenna berfokus pada pengembangan asisten pribadi yang dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan tiap pengguna untuk memudahkan kebutuhan sehari-hari sehingga dapat menjadi gaya hidup penggunanya.

Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk kemajuan di bidang kecerdasan buatan dan chatbot di Indonesia karena membawa fitur baru, yaitu perintah suara. Interaksi dengan Lenna juga bisa lebih mudah karena hanya membutuhkan perintah suara sehingga mengubah cara pemakaian dan berinteraksi dengan aplikasi.

Selain untuk mengetahui berita, ramalan cuaca, aplikasi ini juga terintegrasi dengan e-commerce dalam pembelian tiket pesawat, pulsa handphone, token listrik, tiket nonton, dan tiket kereta hanya dengan menggunakan perintah suara. “Pengguna juga bisa mencari review gawai sampai memonitor pergerakan saham,” ujar Rissandi menambahkan. Selain untuk kebutuhan pribadi, Lenna juga digunakan untuk keperluan bisnis seperti memonitor penjualan secara real time.

Ke depannya, aplikasi ini akan dilengkapi dengan Bahasa Inggris dan Arab. Sebagai langkah lanjutan, aplikasi ini juga akan menambah partner e-commerce mereka untuk lebih memberikan pilihan kepada para penggunanya.

“Memberikan banyak pilihan kepada para pengguna merupakan hal menarik yang akan dilakukan. Yang jelas kami akan mendekati mitra potensial seperti transportasi, banking, dan telekomunikasi," jelas Rissandi yang enggan mengatakan perusahaan mana saja yang akan dibidik.

Untuk tahun 2018 ini, Lenna menargetkan 50 ribu downloader dan Rp50 miliar transaksi di kuartal I taun 2018 setelah peluncuran aplikasi ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)