Lenzing AG Mencatat Kinerja Positif pada Pasar yang Kompetitif

Lenzing AG dari Austria mencatat kelanjutan pengembangan bisnis yang solid pada Semester I/2019. Meskipun ada tantangan yang signifikan dari pasar berupa harga serat viscose yang masih di bawah harapan, akan tetapi Lenzing AG berhasil meningkatkan pendapatan 48,4 %, melampaui periode yang sama pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar 44,1 % sedangkan untuk EBITDA mengalami penurunan 7 % atau sekitar EUR 181,2 juta.

Penurunan EBITDA terutama disebabkan oleh jumlah volume yang meningkat serta nilai tukar mata uang asing sehingga berakibat biaya produksi pulp meningkat serta biaya tenaga kerja maupun kondisi pasar serat viscose saat ini yang ketat.

EBITDA turun dari 18,1% pada Semester I/ 2018 menjadi 16,6% pada catatan laporan keuangan perusahaan. EBIT turun dari sebesar 17,9 % atau sekitar EUR 105,6 juta dengan EBIT lebih rendah 9,7 % sehingga menghasilkan laba bersih pada periode tersebut juga turun 15,9 % dari EUR 91,3 Juta menjadi EUR 76,8 Juta.

“Yang terjadi sesuai dengan strategi Core TEN, karena bisnis serat berkembang sangat positif, yang membuat daya tahan korporasi lebih kuat secara signifikan dibanding beberapa tahun lalu. Investasi Lenzing dalam kapasitas produk baru untuk serat Lyocell serta fokus pada produk dengan merek Tencel dan Veocel menjadikan Lenzing tangguh menghadapi kondisi pasar yang fluktuatif. Lenzing melaksanakan tahap pertama dari rencana pertumbuhan yang ambisius dengan pembangunan pabrik Lyocell yang canggih di Thailand,” kata Stefan Doboczky, CEO Grup Lenzing.

Menurutnya, konflik dagang di antara negara – negara besar semakin meningkat sehingga memastikan keputusan Lenzing untuk memantau proyek Mobile di Alabama (Amerika Serikat) secara seksama dan akan melakukan review secara bertahap.

Lenzing secara mendasar meningkatkan produksi serat Lyocell untuk memenuhi permintaan pasar yang besar untuk produk serat unggulan seperti ini. Perseroan menempatkan fokus pada pertumbuhan dan stabilitas keuntungan perusahaan serta meningkatkan langkah strategis yang memperhatikan ekologi industri tekstil maupun industri non woven melalui perluasan produksi serat unggulan.

Langkah pertama ekspansi dari strategi pertumbuhan yang ambisius tersebut adalah dengan disetujuinya pada Kuartal II/ 2019 untuk membangunan pabrik produksi dengan teknologi mutakhir untuk serat Lyocell di provinsi Prachinburi yang berada di Thailand, Total investasi untuk pabrik baru di Thailand tersebut adalah sekitar EUR 400 Juta dengan memiliki kapasitas 100.000 ton. Menurut catatan bahwa proyek ini semula akan dibangun di Indonesia namun pemerintah Thailand berhasil memberikan kepastian secara tertulis untuk investasi asing di negara Gajah Putih.

Selain itu, Lenzing dan Duratex – sebagai mitra bisnis dari Brasil, menindaklanjuti rencana pembangunan pabrik pulp yang terletak pada negara bagian Minas Gerais di Brasil. Tahap perencanaan teknis, persiapan lokasi, serta perijinan yang menjadi keharusan sudah terlaksana sesuai rencana. Direncanakan pada akhir tahun 2019 ini ada keputusan untuk investasi di negara tersebut.

Dari siisi teknologi, Lenzing akan menggunakan blockchain technology untuk mendukung bisnis serat bermerek dagang Tencel, serta memastikan transparansi dan kemudahan mengenali merek dagang serat tersebut pada produk pakaian jadi. Pada kuartal kedua 2019, Lenzing mengumumkan kerjasama dengan TextileGenesis yaitu sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Hong Kong, untuk merealisasikan recana ini. Lenzing akan melakukan beberapa uji coba produk yang melibatkan mitra di sepanjang mata rantai bisnisnya dan diharapkan rencana ini akan terlaksana pada tahun 2020.

Ke depan, Lenzing bertujuan untuk memperkuat posisinya sebagai pelopor industri serat, dengan menginvestasikan lebih dari EUR 100 juta untuk penghematan energi, dalam konversi yang berkelanjutan untuk energi terbarukan dan dalam teknologi baru. Dalam perencanaan fasilitas pulp dan Lyocell baru seperti pabrik di Thailand, Lenzing juga menempatkan fokus untuk sumber energi rendah karbon dan proses produksi. Tujuan dari strategi iklimnya adalah untuk mengurangi emisi bersih dari gas rumah kaca menjadi nol pada 2050.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)