Lewat Crowdfunding, Publik Bantu Pengembangan Prototype R80

Chairman Regio Aviasi Industri (RAI) BJ Habibie.

Publik mendapat kesempatan untuk ikut menjadi bagian melalui crowdfunding pengembangan prototype pesawat R80. BJ Habibie, Chairman Regio Aviasi Industri (RAI) secara resmi menjalin hubungan kerja sama dengan Kitabisa.com sebagai platform crowdfunding yang akan mengumpulkan dana untuk pengembangan prototype R80.

Pada Juni 2017 lalu, program pengembangan prototype R80 mendapatkan dukungan pemerintah dan dinyatakan sebagai Program Strategis Nasional. Pesawat yang merupakan murni buatan Indonesia ini diciptakan oleh BJ Habibie dan disponsori oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang yang didirikan BJ Habibie dan putranya Ilham Akbar Habibie. Rencananya R80 akan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (DI).

Keterlibatan publik lewat Kitabisa.com/pesawatR80 akan membantu engineer melakukan developing pesawat R80 dan bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri dirgantara nasional. Setiap dukungan dari masyarakat Indonesia akan menaikkan kemungkinan RAI untuk mendapat investasi dan dukungan dari pihak lain termasuk pemerintah.

Total biaya pembuatan prototype R80 mencapai lebih dari Rp200 miliar dengan keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai Rp20 triliun. Dana tersebut rencananya akan digalang melalui investment bankers, dari pemerintah Indonesia (BAPPENAS), dan public crowdfunding. Dukungan masyarakat Indonesia ini akan menaikkan kemungkinan PT RAI untuk mendapat investasi dan dukungan pemerintah. Crowdfunding bersama Kitabisa.com ini juga diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat tentang program R80 dan menggalang dukungan publik.

Rencananya, prototype pesawat R80 akan diujiterbangkan pada 2022 setelah melewati proses sertifikasi. R80 baru akan diproduksi secara massal pada 2025 dan akan melayani penerbangan jarak pendek-menengah. Pengembangan R80 untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional. Dukungan publik dalam crowdfunding ini diharapkan dapat terwujud dan berjalan sesuai dengan rencana.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)