Lima Perusahaan Ini Jawara Best Employers Indonesia 2017

Setelah melalui riset dan penjurian setahun, Aon, konsultan pengelolaan sumber daya manusia global mengumumkan lima perusahaan pemenang Best Employers Indonesia 2017.

Hasil survei Aon menemukan bahwa Indonesia telah beralih jauh dari lingkungan kerja tradisional menuju modern jika mengacu pada 262 juta masyarakat Indonesia dalam kelompok usia 18-34 tahun dan rendahnya angka pengangguran yaitu 5,6%.

Para CEO menyebutkan rendahnya keterampilan, kurangnya pilihan bakat, dan kenaikan gaji sebagai risiko utama. Namun perusahaan pemenang Best Employers Indonesia unggul dengan 17% lebih tinggi untuk tingkat retensi dibandingkan rata-rata perusahaan lain dan terus mencapai skor engagement yang tinggi dengan 86% (melampaui rata-rata pasar sebesar 61%).

Aon Best Employers di Indonesia telah meraih 25 poin skor engagament lebih tinggi dibandingkan rata-rata perusahaan lain dengan keunggulan di tiga area utama berikut:

• Senior Leadership: Karyawan di perusahaan pemenang Best Employers 11% lebih merasa pemimpin senior di perusahaan mereka dapat memberikan arahan jelas (skor Best Employer 78%, rata-rata perusahaan lain 67%)

• Rewards & Recognition: Karyawan yang bekerja di perusahaan pemenang Best Employers 27% merasa lebih mendapatkan apresiasi (di luar gaji dan tunjangan) atas kontribusi dan prestasi mereka (skor Best Employer 76%, skor rata-rata perusahaan lain 49%)

• Career Opportunity: Karyawan yang bekerja di perusahaan pemenang Best Employers 10% merasa lebih jelas dan optimis dengan karir dan peluang mendapatkan apresiasi berdasarkan kinerja mereka (skor Best Employer 77%, rata-rata perusahaan lain 67%)

• Employer Brand: Karyawan di perusahaan pemenang Best Employers 12% merasa perusahaan mereka memiliki reputasi dan kredibilitas lebih unggul, dimana perusahaan ini mampu memenuhi harapan karyawan melalui pengalaman yang diperoleh selama bekerja di perusahaan (skor Best Employer 90%, skor rata-rata perusahaan lain 78%)

Sebagai tambahan, semua perusahaan pemenang Best Employers menargetkan program khusus untuk kelompok tenaga kerja tertentu, termasuk milenial dan perempuan, oleh karena itu skor engagement tenaga kerja milenial (skor Best Employer 85%, rata-rata perusahaan lain 59%) dan karyawan perempuan (skor Best Employer 88%, rata-rata perusahaan 63%) lebih tinggi dibandingkan rata-rata perusahaan lain.

Pemenang Aon Best Employers Indonesia 2017 adalah:

Nama Perusahaan (abjad) Kategori
PT Bank DBS Indonesia Best of the Best Employers
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Best Employer Indonesia
PT Birotika Semesta (DHL Express Indonesia) Best Employer Indonesia
Nu Skin Indonesia Best Employer Indonesia
Ramsay Sime Darby Healthcare Indonesia Best Employer Indonesia

Tiga perusahaan penerima penghargaan khusus:
Nama Perusahaan Kategori
PT Bank DBS Indonesia Best Employer for Women in Workforce
PT Birotika Semesta (DHL Express Indonesia) Best Employer for Commitment to Gen Y
PT Trakindo Utama Best Employer for Commitment to Engagement

Selain itu, Aon juga mengumumkan Aon Best Employers Indonesia 2017 yang berpartisipasi di Program Global yaitu Clariant Indonesia, Home Credit Indonesia, InterContinental Hotels Group, Marriott International Indonesia, dan Sodexo Benefits & Rewards Services Indonesia.

Saurabh Mittal, Associate Partner dari Aon Hewitt, mengatakan, tenaga kerja di Indonesia – yang beragam dan sangat mobile – rata-rata mengakses internet selama lima jam sehari. Masyarakat seperti ini dikategorikan sebagai masyarakat yang tech-savvy dan mampu mengakses berbagai macam informasi. Mereka juga paham dengan apa yang mereka inginkan dan mampu menangkap berbagai peluang kerja.

Di lingkungan seperti ini, harapan calon karyawan juga mulai berubah dan menjadi semakin beragam. Perusahaan pemenang Best Employers tentunya mampu beradaptasi dengan cepat dan melakukan perubahan dalam menciptakan strategi yang berorientasi pada sumber daya manusia dalam rangka mendorong kinerja dan bisnis perusahaan. Caranya, dengan memahami keberagaman dan preferensi para tenaga kerja, serta menilai dan meningkatkan kemampuan karyawan berdasarkan empat indikator penilaian karyawan.

Best Employers juga dapat menunjukkan keterlibatan karyawan yang tinggi, kepemimpinan yang efektif, brand perusahaan yang menjanjikan, dan budaya kerja yang baik.”

Vikas Verma, Principal, Talent and Performance dari Aon Hewitt, menambahkan, sudah banyak perusahaan global yang mulai menggunakan teknologi digital dan mengimplementasikan manajemen bakat berbasis bukti. “Kami melihat tren yang serupa di mana perusahaan menilai dan memberikan pengalaman kerja yang berbeda-beda. Program Aon Best Employers memungkinkan perusahaan untuk menilai dan mengelola pengalaman kerja karyawan, sebuah keunggulan kompetitif yang sulit ditiru, namun dapat mendorong kinerja bisnis perusahaan dengan memanfaatkan metodologi yang kuat dan menggunakan listening technology platform yang canggih,” jelas Vikas.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)