Trends Economic Issues zkumparan

Lima Tren Peluang Bisnis di Tahun Kerbau Logam

Pandemi Covid-19 menyuburkan pertumbuhan jumlah penjual UMKM di platform Tokopedia. Tokopedia mencatat ada kenaikan sebanyak 2.8 juta UMKM saat ini atau dari 7.2 juta UMKM pada Januari 2020 menjadi 10 juta UMKM saat ini.

Namun, menurut Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia. Pengetahuan akan tren pasar menjadi sangat penting dimiliki oleh UMKM, agar dapat memaksimalkan penjualan. “Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” ujarnya.

Adapun tren yang saat ini sedang mengemuka di pasar adalah pertama, produk makanan dan minuman. Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat. “Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras,” kata dia menambahkan.

Dia menambahkan makanan siap masak juga dapat menjadi peluang usaha saat ini. hal tersebut dilihat dari adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020.

Kedua, kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020. Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

Ketiga, tanaman dan alat berkebun. “Berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia,” ujarnya.

Keempat, produk olahraga. Beberapa olahraga yang digemari selama tahun 2020 menurut banyaknya pembelian di bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Kelima, Alat Lukis. Tren tersebut dilihat dari jumlah kenaikan yang dicatatkan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office &Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020. “Kategori ini juga bisa menjadi peluang usaha,” kata dia menambahkan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved