Makasar New Port akan Rampung pada Akhir Tahun 2022

PT Pelabuhan Indonesia IV telah menyelesaikan 63,75% pembangunan pembangunan Makasar New Port (MNP) per 5 Januari 2021 ini. Pembangunan ini ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2022 mendatang.

“Untuk tahap 1 A sudah rampung dan beroperasi sejak awal November 2018. Kemudian dikebut lagi Tahap 1 B dan 1 C,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi. Meski pengerjaan proyek ini berada di tengah kondisi covid-19, namun pihaknya tetap melakukan pengerjaan tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Kegiatan yang akan dilakukan dalam pembangunan MNP tahap lanjutan 2019 – 2022 hingga 5 Januari 2021 yaitu, bore pile dan secant pile, produksi beton precast dan instal beton precast. Adapun investasi yang di gelontorkan untuk pembangunan tahap 1 B dan 1 C adalah Rp2,8 triliun.

Pembangunan proyek ini akan mengintegrasikan pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Untuk tahap I B dan Tahap I C panjang dermaga yang akan dibangun sepanjang 330 meter dan 350 meter.

Sedangkan dermaga sisi selatan Tahap I C yang saat ini dibangun bersamaan memiliki panjang 600 meter, sehingga total kapasitas Tahap I diperkirakan mencapai 2,4 juta sampai dengan 2,6 juta TEUs per tahun. Di Tahap I D juga nantinya akan dibangun dermaga dengan panjang 310 meter.

Pelindo IV juga akan membangun sebuah kawasan industri di MNP. Kawasan industri yang dibangun akan terintegrasi dengan pelabuhan, sehingga MNP akan menjadi salah satu pelabuhan untuk integrated port, di mana pelabuhan dengan kawasan industri akan menyatu.

“Kami akan memindahkan semua bongkar muat yang selama ini dilakukan di Terminal Petikemas Makassar (TPM) ke MNP secara bertahap, disesuaikan dengan kesiapan dari MNP,” kata dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)