Management

40 tahun, Ini Gurita Bisnis Smailing Tour

40 tahun, Ini Gurita Bisnis Smailing Tour

Di usia yang ke 40 Smailing Tour kian agresif. Perusahaan travel yang dirintis Rudi Akili, kian berkembang ditangan generasi kedua. Lihat saja bidang bisnis travel management yang dirambah generasi kedua seperti ticketing, hotel reservations, travel document, corporate travel, incentive travel, VIP airport handling, event management, MICE (meeting, incentive, conference & exhibition) hingga transportasi termasuk private jet & yacht charter.

Founder Smailing Tour, Rudi Akili mengatakan, Smailing Tour tetap eksis karena bisnis yang dikembangkan adalah pelayanan, sesuai filosofi perusahaan yaitu consumer statification, sehingga bisnis bukan mencari keuntungan semata, tapi lebih mengutamakan kepuasan konsumen.

Ayah 4 putra dan 1 putri menambahkan bila konsumen memiliki 100 kebutuhan, tapi kita fokus mengerjakan 1-10, sudah bisa hidup. Artinya dalam bisnis harus fokus dan jangan serakah. Karena banyak pengusaha yang sukses dengan satu usaha, godaanya banyak, misalnya ingin investasi di luar core businessnya.

“Prinsip yang dikerjakan yang bisa dijangkau. Karena yang banyak bikin hancur bisnis, karena banyak yang serakah,” katanya.

smailing-tour

Menurut CEO Smailing Tour, Anthony Akili, perseroan merilis Smailing Platinum untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan setianya. Perusahan yang dirintis sejak tahun 1976 ini menggandeng Bank Danamon lewat Platinum Cardnya, dan juga American Express.

Smailing Platinum merupakan membership program yang dirancang khusus bagi para pelanggan setia Smailing Tour dengan tujuan memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan. Selain itu, Smailing Tour juga memperkenalkan anak perusahaan serta joint-venture terbaru dalam Group Perusahaan Smailing Tour, yakni SML Premium Events serta Afini.

SML Premium Events lahir dari adanya kebutuhan akan layanan terbaik untuk acara-acara penting bagi para pelanggan Smailing Tour. SML Premium Events bagi konsumen yang menginginkan yang terbaik untuk special events, weddings, trips, gifts serta décor.

Selain konsumen, Anthony juga sudah mempersiapkan Smailing Express -franchisenya Smailing Tour-, khususnya untuk karyawan yang ingin masuk usia pensiun atau bagi anak-anak muda yang tertarik menekuni bisnis travel. Saat ini, baru ada 2 outlet. Rencana pengembangan dalam waktu 5 tahun sekitar 100 outlet. Model pengembangannya dengan pola franchise.

“Kami sedang mematangkan model kerjasamanya, tapi untuk franchise Smailing Tour kisaran Rp 150 juta-200 juta. Tahun 2017, target kami akan bertambah 10 outlet,” kata Anthony.

Gurita Bisnis Smailing Tour Group:

1. Smailing DMC (Destination Management Company) didirikan tahun 1986, bergerak dibidang inbound travel.

2. Surprise Wholesale Tour Operator (2002), jaringan distribusi dan konsolidator, memiliki 600 sub agent di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

3. Smailing TNC (Travel Management Company) (2007), untuk mengakomodir kebutuhan layanan travel bagi kalangan korporasi.

4. Rajakamar (2007) serta MG Holiday (2001), perusahaan join venture Smailing Tour dengan 2 perusahaan travel lainnya untuk memperkuat supply serta memperluas jaringan distribusi.

5. Garuda Indonesia Holidays (2012), joint venture Smailing Tour dengan Garuda untuk menyediakan paket-paket wisata menggunakan penerbangan Garuda Indonesia.

6. Bobobobo.com (2012) merupakan perusahaan e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan fashion serta lifestyle.

7. MCI Indonesia (2013), joint venture dengan MCI Group Holding Swiszerland, perusahaan event management untuk korporasi.

8. White Kanvas (2014), memenuhi kebutuhan corporate merchandise dan perlengkapan travelling.

9. Firefly (2014), menyediakan layanan digital berupa website, mobile, digital marketing, social media management, interactive print dan e-commerce.

10. Smailing express (2016), perpanjangan Smailing Tour untuk pengembangan industri biro perjalanan dalam bentuk lisensi.

11. Smailing academy, (2016), lembaga pendidikan dan pelatihan tenaga pariwisata untuk pengembangan tenaga terampil dalam industri pariwisata.

12. SML Premium Event (2016), bergerak dalam bidang special events, weddings, trips, gifts serta decor.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved