Management Strategy

6 Perusahaan Raih SNI Award dari BSN

6 Perusahaan Raih SNI Award dari BSN

Dalam rangka memperingati Bulan Mutu Nasional, Badan Standarisasi Nasional (BSN) menggandeng sejumlah pihak untuk memberikan jaminan terhadap produk/jasa yang akan dikonsumsi masyarakat. Saat ini BSN telah menerbitkan 7.261 buah Sertifikasi Nasional Indonesia (SNI). Jumlah ini akan terus bertambah dan perkembangan lembaga pemberi sertifikasi produk atau Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) ada sebanyak 33 LSPro yang telah peroleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).. “Kami terus mendorong dan merangsang industri untuk memberikan jaminan kepada konsumen, melalui terteranya SNI dalam setiap produknya,” kata Bambang Prasetya, Kepala BSN.

Untuk merangsang hal tersebut BSN kembali memberi penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) atau SNI Award yang ke 8. Menurut Bambang,apresiasi tersebut merupakan bagian dari kampanye sertifikasi yang dilakukan para perusahaan khususnya SNI. Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BSN yang bertemakan “Less Waste, Better Results: Standards Increase Efficiency.”

Jumlah pesertanya terus mengalami peningkatan. Tahun ini ini ada sekitar 120 perusahaan yang berpartisipasi, sedangkan tahun lalu hanya sekitar 112 perusahaan. Tahun ini ada 6 perusahaan yang berhasil meraih penghargaan SNI Award 2012, yakni PT PT Invarr Indonesia, Bogor (perusahaan Kecil Jasa), PT Gapura Angkasa kantor cabang Bandara Sultan Hasanudin, Sulawesi Selatan (perusahaan menengah jasa), PT Gapura Angkasa Bandara Soekarno – Hatta Tangerang (perusahaan besar Jasa), CV ATS, Makassar (perusahaan kecil barang), PT Gunung Subur Sejahtera (perusahaan menengah barang) dan PT Pertamina Unit Lubricants (perusahaan besar barang).

Tahun lalu, Pertamina Unit Lubricants juga memenangkan SNI Award 2011 untuk kategori yang sama. Begitu pula dengan PT Gapura Angkasa Kantor Cabang Bandara Soekarno Hatta, juga kembali meraih penghargaan untuk kategori perusahaan besar jasa selama dua tahun berturut-turut. “SNI Award berdampak positif terhadap bisnis dari perusahaan karena mendongkrak nilai tambah dari perusahaan. Selain itu dapat dapat meningkatkan citra produk dari barang yang dihasilkan oleh perusahaan sehingga mudah diterima pasar internasional. BSN juga bekerjasama dengan perbankan untuk memberikan kemudahan kepada para pemenang SNI Award,” kata Bambang.

Untuk menentukan penilaiannya ada beberapa aspek yang dipertimbangkan untuk mencari yang terbaik dalam implementasi SNI antara lain pertma dari kinerja organisasi. Hal ini meliputi kepemimpinan dan manajemen, fokus pada pelanggan, manajemen sumber daya, dan pengelolaan/realisasi produk. Kedua, awareness terhadap SNI. Aspek ini meliputi kebijakan organisasi di bidang standarisasi, penerapan standar, pengembangan standar, serta edukasi dan promosi SNI. Ketiga, hasil bisnis yang meliputi kapasitas perusahaan, prospek usaha dan kinerja keuangan perusahaan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved