85% Layanan BRI di Palu dan Donggala Sudah Kembali Beroperasi

Gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah sejak 28/9/2018 cukup parah memporak-poranda seluruh infrastruktur vital di sana, termasuk infrastruktur milik Bank BRI yang ada di dua kota. Bank BRI memiliki satu unit kantor cabang, dua kantor cabang pembantu, 30 kantor unit dan 106 unit ATM yang tersebar di dua kota tersebut.

"Dari jumlah tersebut sekitar 85% sudah kembali beroperasi saat ini," jelas Osbal Saragi , Direktur Jaringan dan Layanan BRI kepada SWA, Online ( 9/10/2018). Sisanya yang belum beroperasi adalah unit yang rusak berat, tetapi kami back up juga dengan mobil Teras Keliling BRI.

Menurut Osbal, persoalan paling berat di sana adalah di hari-hari pertama itu semua akses kesana sempat tertutup, baik udara, laut maupun darat. Kemudian jaringan listrik dan komunikasi juga terputus. Tetapi menurut Osbal, pihaknya sudah pengalaman melakukan pemulihan pasca bencana alam. BRI sudah memilik kontingensi plan yang matang untuk memulihkan kembali jaringan yang rusak karena bencana alam. "Ya memang sudah menjadi resiko bagi kami, karena kan kami ada di semua titik hingga pelosok, jadi hampir selalu setiap bencana kami pasti terdampak, malah seringnya cabang atau unit kami berada di pusat bencana," ujar dia.

Dia menjelaskan,  tujuan BRI bergerak cepat untuk membuka kembali layanannya, agar membangun kembali rasa percaya dan optimis masyarakat untuk kembali menata kehidupan mereka. "Dengan adanya aktivitas ekonomi kembali berjalan, mereka jadi lebih percaya bahwa kehidupan sudah kembali, bencana sudah mulai pulih," ujar Osbal. Upaya pemulihan ini tidak dilakukan BRI sendiri, tapin hasil kerja sama  dengan seluruh BUMN dengan konsep BUMN hadir untuk negeri. Semua bahu membahu untuk melakukan recovery dalam waktu yang cukup singkat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)