Alibaba Gali Bisnis Hiburan

Alibaba Group mendirikan Alibaba Digital Media & Entertainment Group dengan investasi US$ 1.48 juta. Sepanjang kuartal II-2016, pendapatan Alibaba tumbuh melonjak 55%. Inilah yang menciptakan ruang untuk berinvestasi untuk pengembangan di bidang hiburan dan media digital.

Alibaba mengonsolidasi bisnis hiburan dan media digital, termasuk UCWeb, Youku Tudou, Alibaba Picture, Alibaba Music, Alibaba Gaming, Alibaba Literature dan unit bisnis Alibaba Digital Entertainment.

“Kami melihat potensi besar dalam unit hiburan dan media digital yang terintegrasi”, kata Daniel Zhang, Chief Executive Officer of Alibaba Group dalam rilisnya.

alibaba

 

Di divisi hiburan dan media digital, kinerja UCWeb tergolong paling bagus. Mereka menyediakan mobile value-added services untuk penggunanya, termasuk news feeds, navigasi mobile web dan pencarian mobile, telah memperluas bisnisnya yang berhubungan dengan industri hiburan secara global.

Produk unggulan mereka, UC Browser, telah digunakan lebih dari 420 juta MAU di seluruh dunia, angka yang sama dengan basis pengguna Twitter dan Instagram. Indonesia menjadi pangsa pasar ketiga terbesar di pasar negara berkembang.

Data dari StatCounter pada Oktober 2016, UC Browser menjadi mobile browser no.1 di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 48.47%. UC Browser mengklaim visinya sebagai “GUF”, yang berarti untuk membuat UC sama kuatnya seperti Google dan Facebook di seluruh dunia.

UCWeb juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar di pasar international. Barubaru ini, UC Browser dan UC News bekerjasama dengan Marvel untuk promosi film pada platform digital di Indonesia, yang menjadikannya sebagai partner IT resmi pertama untuk promosi film, yaitu Doctor Strange.

Mereka mengumumkan strategi barunya di Indonesia pada Agustus lalu. Yakni, menjadi distributor konten untuk membantu mendatangkan model bisnis baru untuk berbagai pihak. Mereka meluncurkan UC News, platform yang didukung big data, untuk menyajikan berita pilihan dan terpopuler dari berbagai kategori.

Semuanya bisa diakses lewat perangkat mobile. Hanya dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan, UC News sudah nangkring di top 10 Google Play Store. Mereka menjelma sebagai salah satu platform media terpopuler di Indonesia untuk mengakses konten berita.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)