Management Strategy

Amway Indonesia Targetkan Pertumbuhan 15%

Amway Indonesia Targetkan Pertumbuhan 15%

Pertumbuhan penjualan yang mencapai 10% tiap tahun dalam tiga tahun terakhir, tidak membuat PT Amway Indonesia (Amway) puas. Melihat potensi yang besar di Indonesia, perusahaan direct selling ini, menargetkan pertumbuhan 15% per tahun dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Sedangkan pertumbuhan Amway secara global, ditargetkan meningkat 6-7%.

Amway

Langkah terdepan yang akan ditempuh Amway untuk meningkatkan penjualannya adalah dengan akan meluncurkan produk Artistry for man pada Januari 2015. Selain itu, pada kuartal ke-4 2015, juga akan diluncurkan produk BodyKey, rangkaian produk dan program untuk menjaga berat badan. Amway Indonesia juga menyalurkan dana sekitar US$20 juta untuk peningkatan sarana dan prasarana distributor.

Dari beberapa kategori produk yang dimiliki, Nutrilite menjadi senjata utama dari perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini. Nutrilite memberikan kontibusi 50% dari total keseluruhan penjualan, 15% dari Artistry (komestik), sisanya dari kategori produk pribadi, perawatan rumah, dan pertanian. Nutrilite sendiri memiliki pangsa pasar antara 5-10%.

“Nutrilite merupakan salah satu top selling brand keluaran Amway. Di Indonesia, sejak diluncurkan pada tahun 1996, nilai penjualan suplemen dan vitamin Nutrilite mencakup hampir 50% dari bisnis Amway di Indonesia,” ucap Koen Verheyen, Presiden Direktur PT Amway Indonesia.

Amway memiliki gudang pusat yang berlokasi di Cikarang, sedangkan gudang cabangnya dapat ditemui di Medan dan Surabaya. Kini, Amway kini memiliki 28 distributor, dimana Jakarta, Medan, dan Surabaya memberikan kontribusi penjualan 65%. Kontribusi penjualan Indonesia sendiri berada pada urutan ke-15 dari 80 negara telah dirambah oleh Amway.

Amway juga telah melaksanakan beberapa program yang terfokuskan pada bidang kesehatan dan pendidikan. Bekerja sama dengan Rumah Sakit Dharmais, Amway merenovasi klinik anak untuk perawatan kanker serta menyumbangkan satu ambulans untuk antar jemput bagi anak penderita kanker yang tidak mampu. Selain itu, ada juga program hospital schooling dimana Amway memberikan guru pengajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak yang menjalani rawat inap. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved