Management Trends

Apresiasi Insan Kreatif Kampanye Cegah COVID-19 Melalui Gim

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng insan kreatif dan beberapa perusahaan untuk bersama melakukan kampanye pencegahan COVID-19 melalui game kreatif buatan pengembang game lokal.

Direktur Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah, mengatakan, pihaknya dalam kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia atau GELORA 2020 telah menetapkan 7 pengembang game lokal untuk diberikan fasilitasi dalam mewujudkan ide pengembangan game terkait sosialisasi pencegahan dan penanganan wabah COVID-19.

Dukungan terhadap gerakan ini kemudian berkembang begitu luas, dimana beberapa pengembang dan penerbit game Indonesia turut mengamplifikasi pesan dari GELORA 2020 agar bisa diterima lebih banyak orang melalui game yang sedang dikembangkan ataupun yang sudah dirilis.

“Tujuan utama dari GELORA untuk mendorong kreasi anak bangsa dalam menciptakan game-game yang inovatif,” katanya.

Pengembang dan penerbit game Indonesia tersebut salah satunya adalah Megaxus Infotech. Penerbit game papan atas Indonesia ini mengungkapkan bahwa mereka siap mendukung pelaksanaan kampanye GELORA 2020 melalui sebuah game mobile yang tengah mereka kembangkan.

Selain itu, ada Yayasan Teknologi untuk Indonesia yang juga siap membantu untuk membawa pesan-pesan sosialisasi GELORA 2020 dalam game mobile mereka yang sudah rilis.

Berjudul “Dawn of Civilization: Game for Charity”, game ini adalah sebuah game edukasi gratis ciptaan Solve Education! Indonesia yang bisa dimainkan tanpa memakai kuota internet. Game ini mengajak anak belajar tentang bahaya COVID-19, cara menjaga diri dan lingkungan, serta menangkal hoaks.

Syaifullah mengatakan, program GELORA sebagai bagian dari stimulus pemerintah terhadap industri kreatif, diharapkan dapat membantu meringankan beban pebisnis yang terpengaruh. Di sisi lain, karya-karya yang dihasilkan diharap dapat membantu pemerintah menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi pandemi ini.

“Bila diterima baik, diharapkan kedepannya program ini dapat berlanjut dan game mulai menjadi medium penyampaian pesan yang umum bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak, mengatakan, di tahun 2020 ini pihaknya fokus kepada melakukan kampanye berbagai kebijakan pemerintah terkait penanganan COVID-19 dengan cara yang menghibur, namun penuh dengan unsur edukasi. Sehingga orang-orang tidak menyadari bahwa selama mereka asyik memainkan game tersebut, secara tidak langsung mereka juga terpapar informasi-informasi kesehatan dan sosialisasi ini.

“Nantinya, game-game ini akan dikampanyekan oleh Kemenparekraf untuk menjadi salah satu media interaktif sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19,” kata Josua.

Program GELORA tidak akan hanya berhenti pada tahun ini saja. GELORA akan hadir kembali pada tahun-tahun mendatang, sehingga para game developer lokal yang belum berhasil pada gelaran GELORA 2020, bisa menyiapkan game kreatifnya dan mengikuti program ini pada tahun depan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved