Management Strategy

Upaya Asosiasi Melesatkan Bisnis E-Commerce di Indonesia

Upaya Asosiasi Melesatkan Bisnis E-Commerce di Indonesia

Jpeg

Seminar UKM E commerce (foto: Rizky)

Meningkatnya tingkat konsumsi di Indonesia membuka kesempatan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk berkembang. Menanggapi hal tersebut, Asosiasi E-commerce Indonesia mengadakan UKM Expo dan Seminar Scale-Up yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja UKM dalam pemasaran online, serta melakukan edukasi dan membuka akses untuk UKM di seluruh Indonesia mengenai pemasaran secara online.

Berdasarkan data yang diketahui, bisnis menggunakan internet untuk penjualan, pemasaran, dan juga promosi memiliki kesempatan akses pasar sebanyak 16% di pasar luar negeri, dan 60 % untuk pasar di dalam negeri. Di samping itu, biaya yang dikeluarkan untuk iklan dan distribusi dapat dihemat hingga 64%. Hasil riset lain dari Mc. Kinsey Global Institute menunjukkan bahwa UKM yang mengadopsi teknologi online sebagai strategi pemasaran dapat berkembang hingga dua kali lebih cepat dibanding dengan UKM yang hanya melakukan strategi pemasaran biasa.

Ekspo dan seminar yang ditujukan untuk para pelaku usaha UKM ini dilaksanankan pada tanggal 30 Mei 2015 dengan menghadirkan 60 booth dan klinik UKM. Para pelaku UKM dapat langsung berkonsultasi mengenai pemasaran serta langsung memilih partnernya untuk melakukan pemasaran secara online. Selain itu, acara yang dilangsungkan di Plaza Bapindo ini dihadiri oleh kurang lebih 1.000 pengusaha UKM dan diisi oleh sekitar 30 pembicara dari berbagai bisnis model seperti market place , iklan baris, online retail, termasuk mitra e commerce yaitu perusahaan logistik, payment gateway, perbankan, hingga pakar di media sosial dan perusahaan investasi.

Acara ini merupakan program tahunan bagi asosiasi yang tahun 2015 memasuki tahun ketiga sejak didirikan di bulan Mei tahun 2012. Acara ini juga diharapkan akan terus mendapatkan dukungan penuh dari industri sehingga visi dan misi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara berbasis digital di Asia Tenggara dapat terwujud. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved