Management Strategy

BNI Kenalkan Semangat Monozukuri ke Mitra Binaan

Oleh Admin
BNI Kenalkan Semangat Monozukuri ke Mitra Binaan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI, memperkenalkan semangat masyarakat Jepang dalam membangun sebuah konsep dan desain hingga menjadi produk jadi, atau yang disebut nilai-nilai monozukuri, kepada sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah melalui sebuah seminar yang digelar di Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Penyelenggaraan seminar ini merupakan sinergi antara BNI dengan pengusaha Jepang. Ada dua unit di BNI yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan seminar ini, yakni Japan Desk dan pengelola mitra binaan pada Corporate Community Responsibility (CCR) BNI.

Tidak tanggung-tanggung, BNI pun menghadirkan seseorang yang ahli dalam pengetahuan terkait monozukuri. Ia adalah Ihee Hosotsuji dari Eirakuya, Jepang. Hosotsuji memaparkan semangat monozukuri tersebut kepada sekitar 50 pelaku bisnis Indonesia, termasuk para mitra binaan BNI.

Pelaku bisnis Indonesia diharapkan dapat memahami semangat yang unik dari masyarakat Jepang dalam membangun komitmen dan memproduksi sebuah produk yang terkandung dalam monozukuri ini.

“Monozukuri ini kami harapkan dapat memberikan pengetahuan kepada mitra binaan PKBL BNI mengenai konsep sebuah produk, sehingga pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah bagi produk tersebut,” ujar Yap Tjay Soen, Direktur Keuangan BNI, yang juga hadir dalam seminar tersebut.

Yap Tjay Soen, Direktur Keuangan BNI, dalam peresmian kantor baru BNI Life Insurance, Kamis (7/2/2013)

Yap mengungkapkan, pengetahuan tentang nilai-nilai monozukuri ini diharapkan dapat membangun semangat kewirausahaan para pelaku bisnis yang diundang dalam seminar tersebut, termasuk mitra BNI yang berkembang melalui dukungan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Salah satu nilai monozukuri yang dapat diadopsi pelaku usaha bisnis Indonesia adalah sustainabilitas dalam menghasilkan produk lokal bertaraf global.

Untuk diketahui juga, Jepang sendiri merupakan mitra perdagangan yang penting bagi Indonesia. Mengingat besarnya kerjasama ekonomi kedua negara, hingga akhir 2012, BNI sudah bekerja sama dengan 46 bank regional Jepang (Japan Regional Bank/ JRB). Kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara BNI dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo dan Gubernur JBIC Hiroshi Okuda di Tokyo pada 28 Juli 2011.

Dengan kerja sama itu, BNI tidak hanya menyediakan jasa layanan perbankan bagi investor Jepang yang menanamkan modalnya di Indonesia. Bank BUMN ini juga membantu menyediakan informasi mengenai iklim investasi di Indonesia, mulai dari potensi ekonomi makro, peraturan investasi, hingga masalah ketenagakerjaan bagi investor, terutama yang menjadi nasabah JRB.

Selain itu, BNI pun berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan seminar di beberapa kota strategis di Indonesia yang diselenggarakan oleh JRB dan entitas Jepang bagi para nasabahnya yang akan menanamkan modalnya ke Indonesia. Ini dilakukan guna mewujudkan “business matching” antara pelaku bisnis Indonesia dengan investor Jepang. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved