Management Trends

BNI Syariah dan Mitra Ajak Generasi Muda Bersatu Melawan COVID-19

Webinar ini mengajak generasi muda berkontribusi terhadap masa depan bangsa yang lebih baik dan peduli kepada sesama

BNI Syariah memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh pada 28 Oktober 2020 dengan tema “Bersatu dan Bangkit”. Kegiatan yang dilakukan salah satunya webinar bertema “Yang Muda Yang Peduli Sesama”. Tujuannya mengajak generasi muda berkontribusi terhadap masa depan bangsa yang lebih baik dan peduli kepada sesama.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi pada kesempatan berbeda mengatakan pemuda berperan penting sebagai generasi penerus yang mampu mewujudkan kemajuan bangsa.” Oleh karena itu, diharapkan para pemuda Indonesia memiliki semangat persatuan dan bekerja sama untuk melawan COVID-19,” kata Iwan.

Acara ini membahas isu-isu terkini terkait usaha yang dilakukan para pemuda untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19, diharapkan dapat menjadi media informasi dan memberikan gagasan yang nyata untuk peduli sesama.

Dalam kesempatan talkshow itu, Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan bahwa tren berdonasi masyarakat Indonesia meningkat selama pandemi. “Sejak bulan Maret lalu, pengguna Tokopedia telah berdonasi lebih dari Rp33 miliar yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung berupa barang atau pun jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan penanggulangan wabah COVID-19 seperti, Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, Rapid Test Gratis di Sarana Publik, Bantuan Disinfektan untuk Masjid, dan THR serta Sembako. Di sisi lain, masyarakat pun dipermudah dalam membayar zakat selama PSBB melalui fitur Zakat di Tokopedia Salam,” ujar Garri.

Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan mengatakan, di Indonesia potensi zakat cukup besar untuk dikembangkan. Untuk mengoptimalisasi potensi zakat ini ada tiga hal yang bisa dilakukan di antaranya komunikasi terkait literasi mengenai pengelolaan zakat kepada masyarakat; kerja sama dengan institusi salah satunya perbankan dan fintech untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap zakat; dan peningkatan layanan. Pada 2020, donasi BAZNAS melalui channel digital mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Head of Public Policy Ruangguru, Amri Ilmma menambahkan, tantangan penyediaan akses pendidikan ke masyarakat di masa pandemi ini meningkat dibandingkan sebelumnya. “Karena sistem pendidikan di Indonesia merupakan terbesar keempat di dunia dengan 44 juta murid dan 2,7 juta guru, dari jumlah ini 50\% harus belajar di rumah,” ucap dia.

Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, Amri Imengkhawatirkan akan ada lost generation yaitu siswa tidak memperoleh pendidikan dikarenakan tidak mempunyai akses. Ruangguru dalam hal ini berkomitmen untuk membantu para siswa untuk menyediakan akses belajar dengan baik dengan salah satunya menyediakan sekolah online gratis pada awal Maret 2020.

Saat ini industri halal menjadi new business dan new brand, dengan potensi bisnis global mencapai lebih dari Rp30 ribu triliun. Sedangkan di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mempunyai potensi ekonomi halal mencapai Rp3 ribu triliun per tahun. Namun potensi tersebut, secara ekonomi dinikmati oleh negara lain, sementara Indonesia hanya menjadi konsumen.

Oleh karena itu perbankan syariah bersama stakeholders lainnya harus berperan aktif untuk menangkap peluang, agar kita tidak hanya konsumen, namun juga menjadi produsen serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hingga saat ini, BNI Syariah terus berkontribusi untuk mengembangkan ekosistem halal di Indonesia, di antaranya melalui kerja sama dengan Tokopedia Salam, BAZNAS, dan Ruangguru. Diharapkan kerja sama ini dapat mengoptimalkan implementasi commercial dan social finance.

Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, BNI Syariah mengangkat value proposition Hasanah Banking Partner, di mana keberadaan anak perusahaan BNI ini dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way). Hal ini tercermin dari berbagai produk dan layanan yang dimiliki oleh BNI Syariah, termasuk kartu kredit berbasis syariah, yang disebut BNI iB Hasanah Card.

BNI iB Hasanah Card merupakan produk bisnis kartu pembiayaan BNI Syariah sebagai solusi transaksi hijrah Hasanah. Diharapkan kartu BNI iB Hasanah Card bisa digunakan sebagai jalan keluar bagi masyarakat yang ingin bertransaksi sesuai prinsip syariah.

Kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card bermula dari satu keyakinan bahwa umat muslim akan membutuhkan transaksi yang halal, canggih dengan semangat melepaskan dari riba. Syariah Card / kartu pembiayaan merupakan kartu yang fungsinya seperti ‘kartu kredit’, di mana hubungan hukum antara bank dan nasabahnya didasarkan atas prinsip syariah.

BNI iB Hasanah Card sebagai satu-satunya kartu kredit berbasis Syariah yang diterbitkan Bank Umum Syariah memiliki brand positioning sebagai Kartu Kebaikan. BNI iB Hasanah Card berusaha mempermudah niat kebaikan masyarakat untuk berbagi dengan berdonasi sesuai nilai-nilai Hasanah/ Kebaikan sesuai value proposition Hasanah Banking Partner.

Jumlah pengguna kartu pembiayBNI iB Hasanah Card sebanyak 350 ribu nasabah. Sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna, Sales Volume BNI iB Hasanah Card pada 2019 juga mengalami peningkatan hingga menembus Rp1,2 Triliun.

Terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda, BNI Syariah juga mempunyai program pemberian souvenir masker merah putih dan hand sanitizer beserta kartu ucapan kepada nasabah di kantor cabang BNI Syariah. Selain itu, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda petugas frontliner BNI Syariah juga memakai baju adat untuk melayani transaksi nasabah.

Saat ini kerja sama BNI Syariah dengan Tokopedia Salam, Ruangguru dan BAZNAS di antaranya diskon 7,5\% maksimal Rp150 ribu di Tajir Fest Tokopedia Salam menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card; diskon 60\% dan 28\% paket belajar Ruangguru menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

BNI Syariah pun merangkul BAZNAS, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat menyelenggarakan program Donasi Rutin Tanpa Lupa melalui Fitur Smart Shadaqah, merupakan fitur pendebetan BNI iB Hasanah Card secara rutin tiap bulan untuk donasi melalui kerjasama dengan badan amil. Diharapkan fitur ini dapat memberikan kemudahan donasi dan bisa lebih berkontribusi untuk masyarakat yang terkena musibah/bencana salah satunya terkait pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved