Management Trends zkumparan

BNI Syariah Kembangkan Literasi Keuangan di Surabaya

BNI Syariah Kembangkan Literasi Keuangan di Surabaya
Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Surabaya (foto : Ist)

BNI Syariah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah seiring dengan perkembangan digital dan industri 4.0. Saat ini angka literasi dan inklusi keuangan syariah masih cukup rendah. Berdasarkan data survei nasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan syariah hanya 8 persen atau lebih rendah dibandingkan literasi keuangan konvensional 30 persen.

Selain itu, untuk inklusi keuangan syariah baru sebesar 11 persen, lebih rendah dibandingkan dengan inklusi keuangan konvensional yaitu 68 persen. Angka literasi dan inklusi keuangan syariah yang rendah ini seakan menjadi paradoks jika mencermati populasi penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam terbesar di dunia.

Seiring dengan angka literasi dan inklusi dalam negeri yang rendah, Indonesia hanya menempati posisi ke-10 dalam pangsa pasar Islamic finance di dunia. “Dengan adanya industri 4.0 dan potensi industri halal yang masih belum banyak berkembang diharapkan bisa meningkatkan literasi dan inklusi industri keuangan syariah,” kata Abdullah Firman Wibowo, Direktur Utama BNI Syariahdalam keterangan tertulis di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Rabu pekan ini.

BNI Syariah melakukan perjanjian kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) terkait produk dan jasa layanan perbankan, yaitu bisnis pembiayaan. Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Pemimpin BNI Syariah Wilayah Timur, Imam Hidayat Sunarto dan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Sukadiono di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Imam mengatakan perjanjian ini terkait dengan fasilitas pembiayaan BNI Fleksi iB Hasanah untuk karyawan dan dosen UM Muhammadiyah Surabaya. Potensi bisnis pembiyaaan di Universitas Muhammadiyah Surabaya ini cukup besar.

Sampai saat ini, jumlah karyawan dan dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya masing-masing sebanyak 143 dan 294 orang. Per 2018, BNI Syariah tercatat telah menyalurkan pembiayaan produktif ke Universitas Muhammadiyah Surabaya sebesar Rp 25 miliar. Adapun, Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan negara.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved