Management Strategy

BNI Tokyo Fokus Jasa Pengiriman Uang

BNI Tokyo Fokus Jasa Pengiriman Uang

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Tokyo, Jepang mampu meningkatkan aset yang dikelola dalam bisnis perbankan yang difokuskan pada 3 lini bisnis, yaitu perbankan ritel (retail banking), jasa perbankan bagi pebisnis (Business Banking), dan layanan transactional banking for financial institution. Dengan fokus pada ketiga lini bisnis tersebut BNI Cabang Tokyo mencatatkan pertumbuhan aset yang signifikan, dari 33 miliar Yen sepanjang tahun 2013 dan telah meningkat hingga 54 miliar Yen pada 8 bulan pertama tahun 2014. Hal tersebut disampaikan oleh Afien Yuni Yahya, Pemimpin BNI Cabang Tokyo di Tokyo, Jepang (2/9).

BNI Hong Kong

“Guna menjawab tantangan tersebut, BNI Tokyo terus berupaya memperbaiki layanan kiriman uang dari Jepang ke Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang dicapai oleh counterpart kami, perbankan Jepang. Kerja sama dengan lembaga yang mengelola Kenshusei (pekerja magang yang berada di Jepang) akan terus dikembangkan untuk memperluas cakupan pelayanan kami,” lanjut Afien.

Adapun pada lini bisnis Bisnis Banking, BNI Tokyo ingin berperan lebih besar lagi dalam membangun jembatan bisnis antara Indonesia dan Jepang. BNI berupaya melayani perusahaan Jepang dalam hal Pinjaman Sindikasi, Pinjaman Proyek Trade Finance, dan Pinjaman SBLC untuk pembiayaan/ proyek di Indonesia. Dengan dibukanya kantor sub-branch Osaka, BNI secara intensif menggarap peluang bisnis dari kawasan tengah dan barat Jepang yang merupakan pusat industrialisasi Jepang. “Sementara untuk lini bisnis Transactional Banking for Financial Institutions, BNI Tokyo menyiapkan layanan Yen Nostro Services dan LC Advising/ Renegotiating,” ujar Afien.

Di samping berfungsi sebagai bank komersial yang menjalankan roda bisnis guna mendapatkan laba, BNI Tokyo juga turut aktif dalam kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan dalam pemberdayaan WNI, misalnya pelatihan literasi keuangan, pelatihan kewirausahaan, Corporate Community Responsibility (CCR) yang ditujukan dalam memajukan pendidikan putra-putri Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Jepang, mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi.

“Kami bangga sebagai salah satu pilar yang memberikan kontribusi kepada BNI yang dianugerahi The Best International Banking Division of the Year 2014 in South Asia oleh Alpha South East Asia baru-baru ini,” ungkap Afien. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved