Cara Pemerintah Kebut Penyaluran KUR

Presiden Joko Widodo tetap menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 30 triliun meski raihan per September jauh dari angka tersebut. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dari tiga bank pelaksana KUR hingga September mencapai Rp 4,02 triliun.

Darmin mengatakan dengan seluruh pengalaman dan kemampuan yang ada, perolehan KUR dapat diperkirakan mencapai Rp 19,24 triliun. "Intinya jangan hanya Rp 19,3 triliun, Presiden menginginkan Rp 30 triliun," katanya.

Jumlah pencapaian tiga bank pelaksana KUR, adalah Mandiri Rp 349 miliar dari target Rp 3,2 triliun, BRI Rp 3,5 triliun dari 21,4 triliun dan BNI sebesar Rp 159 miliar dari Rp 3,2 triliun. Target penyaluran KUR ketiga bank tersebut hingga akhir tahun sebesar Rp 27,8 triliun. Untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD), pencapaiannya belum ada meski memiliki target KUR Rp 2,2 triliun.

PERAJIN KERAMIK LOKAL KHAWATIR SERBUAN KERAMIK CHINA

Untuk mempercepat target KUR, kata Darmin, pemerintah tak lagi memperinci sektor yang dapat mendapat pinjaman kredit. "Yang penting kegiatannya produktif."

Darmin mencontohkan istri seorang pegawai negeri dapat membuka warung meski suami masuk dalam kelompok konsumtif. Perbankan juga dapat mencairkan KUR untuk seluruh sektor seperti pertanian, industri, perikanan, pariwisata, industri kreatif hingga e-commerce.

Menurut Darmin, waktu pinjaman KUR juga dapat dikembalikan lebih lama. Hal itu dimungkinkan agar peminjam seperti petani kelapa sawit dapat menunggu memperoleh uang hingga panen tiba. Selain itu pemerintah juga memfasilitasi tenaga kerja indonesia untuk mendapatkan modal.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad akan memperbaiki aturan agar cakupan KUR menjadi lebih luas. Nantinya bidang-bidang usaha baru seperti perusahaan start up dan sektor kreatif berbasis teknologi dapat masuk dalam pembiayaan KUR. Selain menambah jumlah bank pengucur, BPD akan dilibatkan dalam penyaluran KUR.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)