Management Strategy

Citilink Pertanyakan Kriteria Penilaian Pemeringkatan Airlines

Citilink Pertanyakan Kriteria Penilaian Pemeringkatan Airlines

Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia mempertanyakan dasar kriteria atau metode yang dilakukan dalam melakukan pemeringkatan terhadap perusahaan penerbangan, baik di dunia maupun Indonesia, soal tingkat keamanan dan keselamatan (safety) penerbangan mengingat industri penerbangan merupakan industri yang penuh dengan regulasi yang mengikat (mandatory) dan tidak dapat diabaikan karena risikonya yang tinggi dan terkait nyawa penumpang.

President & CEO Citilink, Albert Burhan, menyampaikan terkait pemeringkatan maskapai yang dilakukan oleh Airlineratings.com yang cenderung tendensius karena tak menyebutkan secara jelas dasar penilaian dan fakta yang ada di lapangan. Albert sekaligus mempertanyakan penempatan sebagian besar maskapai Indonesia ke dalam kategori standar keamanan bintang satu.

Pesawat Citilink

Pesawat Citilink

“Pada prinsipnya adalah hal yang baik jika maskapai juga mendapat penilaian dari pihak luar demi. Citilink sendiri sama sekali tidak keberatan untuk dinilai selama dilakukan secara obyektif, terbuka, dan dapat dipertanggungjawabkan. Bahkan Citilink juga sedang menunggu hasil audit Skytrax yang memberikan penilaian dengan kriteria yang jelas, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan atas standar mutu produk dan layanan airlines,” kata Albert.

Ia mencontohkan komitmen Citilink Indonesia sebagai upaya mempertahankan safety yang baik antara lain melakukan pelatihan pengembangan (training) kru, upaya perbaikan-perbaikan, serta kerjasama dengan maskapai dan organisasi internasional. Pemeliharaan pesawat-pesawat Citilink juga dilakukan di GMF AeroAsia yang memiliki reputasi internasional.

Bagi Citilink, keselamatan penumpang pesawat adalah prioritas dan baru saja menerima Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001 untuk Delay Management yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan itu.

“Safety merupakan hal yang tidak bisa diganggu-gugat dan bagi kami penilaian Airlineratings.com tidak berpengaruh. Citilink selalu mempertahankan safety seperti yang dituntut dalam dunia penerbangan. Pada akhirnya penumpang juga yang merasakan dan menilai,” katanya.

Penumpang Citilink setiap tahunnya terus meningkat. Jumlah penumpang yang diangkut meningkat menjadi 9,75 juta pada 2015 yang lalu dari sebelumnya sebanyak 7,8 juta di tahun 2014. Pertumbuhan yang konsisten positif juga terlihat dari penambahan rute dan frekuensi harian penerbangan Citilink. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved