Dukung Pekerja Sektor Informal, Bank Raya Buka Community Branch

Community Branch bertujuan untuk membangun infrastruktur digital melalui customer experience (Foto: ist)

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pekerja lepas di Indonesia kini tercatat sebanyak 5,89 juta orang per Mei 2019. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan adaptasi bisnis ke arah masyarakat gig economy. Melihat peningkatan fenomena itu, bank digital yang merupakan hasil transformasi bank Agro, Bank Raya, membuka Community Branch di kota Cirebon, Jawa Barat.

Pembukaan tersebut merupakan langkah bank untuk menggarap komunitas sektor ekonomi informal atau gig economy dan agen-agen fintech yang berada di Cirebon. “Kami antusias atas pembukaan Community Branch Cirebon yang merupakan community branch pertama Bank Raya dalam proses transformasi ini,” kata Direktur Utama Bank Raya, Kaspar Situmorang.

Community Branch yang bertujuan untuk membangun infrastruktur digital melalui customer experience tersebut bertema Unlocking Local Genius dan rencananya akan dibangun di seluruh Indonesia. Kaspar berharap pihaknya dapat mengaktivasi potensi yang ada di wilayah Cirebon. Sehingga, para pekerja dan pebisnis UMKM di wilayah itu dapat bertumbuh dalam ekosistem gig economy.

Selain itu, berfungsi sebagai titik akses bagi para pekerja gig, sekaligustempat untuk melakukan edukasi digital banking service. Selain itu, cabang ini juga difungsikan untuk menyediakan beyond solution dengan menjadi agregator atau penghubung antara kebutuhan merchant dan supplier sehingga menjadi sebuah ekosistem bisnis.

Sementara itu, Kepala OJK Cirebon Mohammad Fredly Nasution menyambut baik pembukaan cabang itu. “Melalui peresmian Community Branch Bank Raya, maka Cirebon kini memiliki 34 bank,” kata Fredly. Berdasarkan data yang dimilikinya, meskipun pandemi masih belum menemui titik cerah, namun kinerja perbankan di Cirebon tetap menunjukkan pertumbuhan sebesar 3,33%.

Pertumbuhan kinerja yang dicatatkan itu menumbuhkan optimisme tersendiri bagi Fredly sehingga diharapkan dapat membantu mendorong perekonomian di wilayah Cirebon. Ke depan, Community Branch diharapkan bisa menjadi pusat perkembangan community-based lending untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)